Cara Memelihara Ikan Koi

Cara Memelihara Ikan Koi. Di negara Indonesia, jenis ikan koi ini mulai populer sejak tahun 1960-an. Pada saat itu Presiden pertama Indonesia Soekarno telah diberi hadiah berbagai macam jenis ikan koi oleh pemimpin Cina.

Ikan koi merupakan jenis ikan yang mempunyai warna yang cantik dan juga unik. Ikan koi ini mungkin sering kita jumpai berada di dalam kolam di tempat-tempat perbelanjaan atau juga ada di restaurant di kota-kota besar.

Dalam beberapa waktu terakhir, ikan koi ini banyak sekali digemari oleh beragam kalangan,karena mempunyai corak dan juga warna yang indah,dan juga banyak dari para penghobi mulai menjadikan jenis ikan koi ini sebagai hewan peliharaan di rumah.

Bagi anda yang tertarik atau ingin mencoba untuk memelihara ikan koi,namun tidak mempunyai pengetahuan lebih akan jenis ikan ini,maka anda sekarang ini janganlah khawatir lagi,karena sejatinya memelihara ikan koi ini tidak begitu menyusahkan. Untuk itu berikut ini kami akan memberikan beberapa cara sederhana mengenai:

Tahapan memelihara ikan koi.

Untuk itu berikut ini kami akan memberikan beberapa cara sederhana mengenai tahapan memelihara ikan koi.

Memilih Kolam yang Tepat

Untuk ikan koi,terdapat beberapa macam tipe kolam yang dapat anda aplikasikan untuk memelihara ikan koi,jenis kolam itu juga bisa terbuat dari beberapa macam bahan yang berbeda pula. Anda dapat membuat kolam ikan koi dengan bantuan ahli atau anda bisa memesan jenis kolam terpal yang mempunyai beragam keunggulan dan tentunya praktis.

Untuk membuat kolam ikan koi, langkah awal yang harus kita persiapkan  adalah kedalaman kolam dan juga tinggi kolam,beberapa penghobi ikan koi menyarankan agar kedalaman kolam sekitar 1 meter yang mampu menampung debit air sebanyak 1400 liter air untuk setiap ikan.

Mengatur Suhu Di Dalam Kolam

Sesudah kolam yang anda inginkan sudah siap untuk dipakai,maka hal berikut yang tak kalah penting adalah menjaga serta memahami akan kondisi air dan juga suhu di dalam air ketika malam hari,sebab beberapa ukuran ikan yang masih kecil antara 5 cm,akan rentan mati ketika terkena suhu pada saat malam hari, maka untuk itu perhatikan juga akan suhu di dalam kolam tetap terjaga dan stabil,gunakan semacam heater untuk penghangat ikan ketika malam hari. Cara Memelihara Ikan Koi

JOGLO KOI FARM

Mojoroto gg 8 Barat. Kota Kediri, Jawa Timur

Hubungi: +6285158022759

Kunjungi kami via Instagram untuk Update katalog Ikan Koi Terbaru di @Mjkoifarm

Pemberian Pakan Untuk Ikan Koi

Pemberian makanan pada ikan koi memang harus sesuai standar dan juga mengetahui takaran yang pasti,perlu anda ketahui bahwa saluran pencernaan pada ikan koi ini sangat pendek.

Dengan begitu,maka anda harus pintar-pintar dalam pemberian pakan pada ikan koi,dan juga atur dalam takaran dan juga jumlah yang tepat,untuk mencegah ikan kelebihan makanan.

Jika ikan kelebihan makanan, maka ikan koi akan lebih beresiko mengalami gangguan kesehatan dan bahkan bisa mengancam nyawanya.

 Menjaga Kesegaran Air Kolam

Proses selanjutnya agar memastikan juga kondisi kolam ikan koi cukup luas atau setidaknya dapat dialiri oleh udara bebas,atau juga bisa dengan bantuan alat seperti pompa air, atau juga bisa dengan saringan/filter sehingga dapat membuat air kolam selalu segar dan tidak mudah keruh

Anda juga dapat menambahkan beberapa jenis bahan lainnya yang dapat menjaga air tetap segar dan terhindar dari hama. Bahan kimia ini dapat anda dapatkan di petshop, dan pastikan bahan kimia tersebut aman untuk ikan anda.

Selalu Memastikan Kesehatan Pada Ikan Koi

Ikan koi yang di budidaya sekarang ini cenderung memiliki sistem imun yang begitu lemah. hal itu dapat anda cermati ketika anda sedang memberi makan kepada ikan koi yang anda pelihara, dengan demikian anda secara langsung dapat mengamati keadaan ikan anda.

Perhatikan juga apakah ikan koi anda  ini mengalami kelelahan, atau hilang nafsu makan, dan cenderung menyendiri dari ikan lainnya. Beberapa hal yang dapat menyebabkan masalah kesehatan pada ikan anda adalah infeksi bakteri jika ikan anda mengalami luka.

Merendam Pelet Di Dalam Air Kolam

Sebelum memberi pakan ikan koi,maka tahap sebelumnya ialah merendam pelet ikan koi terlebih dahulu. Dengan merendam terlebih dahulu pelet ikan koi tersebut di dalam air kolam sekitar 30 detik hingga 2 menit.

Hal ini ditujukan agar dapat membuat tekstur pada pelet ikan koi menjadi lebih aman dan jauh lebih mudah untuk dicerna oleh ikan,terlebih ketika ukuran ikan koi berukuran kecil.

Tekstur pada pelet ikan koi yang cenderung kering ini dapat mengembangkan di dalam saluran pencernaan pada ikan koi dan dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada saluran pencernaan,dan nantinya akan menyumbat dan juga mengancam nyawa ikan koi.

ekstur pada pelet ikan koi yang cenderung kering ini dapat mengembangkan di dalam saluran pencernaan pada ikan koi dan dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada saluran pencernaan,dan nantinya akan menyumbat dan juga mengancam nyawa ikan koi.

Menyediakan Tanaman Alami Di Dalam Kolam

Selain mendapat  sebuah nutrisi dari makanan yang kita berikan, beberapa nutrisi lain untuk ikan koi ini juga dapat berasal dari tanaman alami yang dapat tumbuh bebas di sekitar kolam.

Terdapat beberapa jenis tanaman yang dapat dijadikan pakan ikan koi secara alami,yakni tumbuhan alga dan juga duckweed.

Selain itu kita juga dapat memberikan beberapa potongan sayuran seperti kacang polong, wortel, bayam, selada,yang mana sayuran tersebut dapat menjadi suplemen tambahan bagi ikan koi tanpa efek samping.

Memberikan Makanan yang Dapat Mencerahkan Warna Tubuh Ikan Koi

Karena ikan koi ini terkenal akan warna dan juga corak pada kulit nya yang indah, maka dengan ini kita dapat memberi asupan makanan yang dapat mencerahkan warna tubuh pada ikan koi.

Makanan yang dapat memberikan efek perubahan pada tubuh ikan koi ini dapat diberikan sebagai contoh adalah spirulina, udang, atau krill. dan jenis-jenis makanan-makanan ini telah banyak dikenal secara luas oleh berbagai penghobi dan secara signifikan dapat mencerahkan warna dari kulit ikan koi.

Memberikan Ikan Koi Makanan Hidup

Di alam bebas, jenis ikan koi ini dapat memperoleh makanan dari adanya hewan kecil yang dapat  hidup.

Maka untuk itu kita juga dapat memberikan asupan yang cocok untuk  makanan ikan koi,yang mana dapat kita berikan makanan hewan hidup seperti larva serangga, cacing, dan juga tanaman alga.

Makanan-makanan ini merupakan jenis makanan yang dapat menjadi sumber nutrisi dasar, vitamin, dan juga tambahan mineral bagi ikan koi.

Memberi Makan Ikan Koi Dalam Jumlah yang Sedikit

Dengan memperhitungkan kebutuhan akan asupan dan makanan dari ikan koi, maka kita dapat secara pasti menentukan tentang berapa jumlah makanan yang dapat kita berikan untuk ikan koi tersebut.

 Jika kita secara langsung memberikan makanan pada ikan koi, secara berlebihan maka nantinya akan muncul beberapa masalah akan kesehatan pada liver dan juga fungsi organ internal lain yang ada di dalam tubuh  ikan koi.

Daripada anda memberikan makan dalam jumlah yang melebihi batas maka ikan akan jatuh sakit akibat tersumbat oleh percikan pakan yang tidak dicerna secara merata,alangkah lebih baiknya kita memberikan makanan pada ikan koi paling tidak dalam frekuensi dua kali sehari. Cara Memelihara Ikan Koi

Add a Comment

Your email address will not be published.