Filter Kolam Koi

Filter Kolam Koi. Jika anda ingin membuat kolam untuk budidaya atau ternak ikan koi,hal utama yang perlu anda cermati adalah sistem filter untuk kolam itu sendiri.

Mengapa harus ada filter di kolam ikan koi? Fungsi dari adanya filter kolam ikan ini sangat penting untuk selalu menjaga dan mensterilkan  kebersihan air. Air yang bersih ini sangat dibutuhkan oleh ikan koi.

JOGLO KOI FARM

Mojoroto gg 8 Barat. Kota Kediri, Jawa Timur

Hubungi: +6285235603340

Kunjungi kami via Instagram untuk Update katalog Ikan Koi Terbaru di @Mjkoifarm

Kolam ikan koi yang cenderung kotor dan keruh, karena tidak menggunakan sistem filter yang baik akan membuat ikan mudah terserang penyakit dan kebanyakan akan mati.

Pada dasarnya jenis filter kolam koi ini sangat beragam,dan mungkin beberapa sudah dijelaskan bahwa kolam yang tidak dilengkapi dengan filter akan sangat serangan penyakit ikan koi,dampak yang paling fatal adalah hilangnya keindahan warna pada tubuh ikan koi karena memudar, ikan koi juga menjadi cacat, sampai tahap parah yaitu kematian masal pada ikan koi.

Nah, untuk kesempatan kali ini, kami akan sama -sama mempelajari secara lebih dan detail tentang hal yang berkaitan dengan cara membuat filter di dalam kolam ikan koi. Yang mana hal ini juga merupakan hal yang wajib anda ketahui ketika ingin membuat kolam ikan koi,baik kolam terpal maupun kolam semen/beton.

PRINSIP DASAR FILTER KOLAM IKAN KOI

Kehidupan ikan yang berada di alam bebas, sungai misalnya, kondisi pada air mengalir ini akan membuat air terus menerus mengalir dari mata air yang jernih. Hal ini lah yang membuat supply oksigen yang diperlukan oleh ikan senantiasa tercukupi tanpa ada sedikit kekurangan.

Terlebih jika pada waktu musim hujan tiba,maka faktor utama yang dapat menentukan ialah curah hujan yang tinggi,atau kalaupun pada masa kemarau panjang maka saluran pada air terjun juga turut membantu akan masuknya oksigen ke dalam air.

Di dalam kolam buatan, sama sekali berbeda keadaannya. Kita harus benar-benar mengupayakan agar oksigen di dalam air kolam berada dalam jumlah yang mencukupi.

Hal ini disebabkan karena ikan koi merupakan jenis ikan yang wajib membutuhkan oksigen,yang mana fungsi utama oksigen selain memberikan udara segar pada kolam juga dapat membantu proses pencernaan pada ikan koi.

Hasil dari pengeluaran yang terjadi pada sistem pencernaan ikan koi adalah amonia yang keluar lewat kotoran ikan. Di samping itu,adanya sisa-sisa makanan juga dapat menghasilkan senyawa berbahaya yakni amonia.

Senyawa Amonia ini merupakan senyawa yang bersifat racun bagi segala macam jenis ikan. Maka dari itu,sesegera mungkin,untuk menghindari tercampurnya air dan amonia ini.

Ketika kolam koi sudah terkontaminasi dengan amonia,maka anda harus cepat dan tanggap untuk segera memasang filter ikan koi dan segera keluarkan amonia dari dalam kolam ikan. Di alam bebas sendiri, zat amonia ini sudah terfilter secara alami.

Di dalam kolam buatan, pembuangan amonia ini seharusnya dilakukan oleh sistem filter yang dirancang secara khusus agar dapat bertahan lama dan tidak menggangu kehidupan ikan koi itu sendiri.

Pada bagian filter kolam ikan koi ini,juga berfungsi untuk menambahkan peredaran oksigen secara merata, dan juga dapat membersihkan air dari racun seperti karbondioksida, nitrogen, dan partikel padat lainya,yang menjadi penyebab utama air di dalam kolam menjadi kotor dan keruh.

Pada jenis tertentu, sistem filter pada kolam koi ini juga berfungsi menyaring beberapa jenis racun lain seperti pestisida, mampu membersihkan senyawa logam, dan membersihkan zat klorin dari dalam kolam secara signifikan.

JENIS-JENIS FILTER KOLAM IKAN KOI

Secara umum, terdapat 2 jenis filter kolam ikan koi,yang terdiri dari:

  1. Filter mekanik
  2. Filter Biologis

Dalam banyak kolam, untuk mendapatkan hasil secara lebih optimal, yaitu dengan kondisi air lebih sehat, jernih dan bening, maka gunakanlah gabungan kedua filter ini menjadi satu dalam kolam koi.

FILTER MEKANIK

Prinsip kerja dari filter mekanik ini adalah mampu mengalirkan air secara normal pada ruangan atau wadah yang ada di dalamnya,dan juga untuk menyediakan bahan untuk pembuatan filter. Media lain yang berfungsi sebagai penyaring ini dapat berupa seperti serbuk, kerikil, pasir, saringan sieve, jap-matt, busa/foam, kapas, atau bahan lain seperti sikat.

Metode lain dari filter mekanik ini adalah dengan cara mengalirkan air ke ruangan kolam yang terpisah sehingga nantinya partikel kotoran ini dapat mengendap di bagian bawah dasar kolam.

Namun,ada juga sistem yang menggunakan siklon, atau unit vortex, atau juga ada yang sedemikian rupa,yang mana fungsi ini tak lain agar air dapat berputar dan zat padat dapat terkumpul pada bagian tengah,sehingga nantinya endapan ini dapat dibuang pada proses selanjutnya.

Berikut ini salah satu contoh penggunaan filter mekanis pada kolam kecil sederhana. Ini mudah dan murah untuk dibuat.

CARA MERANCANG FILTER MEKANIK DI KOLAM SEDERHANA

Untuk ukuran kolam kecil, filter kolam ikan koi dapat dirancang dengan sangat sederhana. Yaitu dengan cara menggunakan pompa listrik kecil yang biasanya banyak dijual di kios ikan hias. Cara pemasangannya pun juga simple dan mudah,atau kalau anda masih bimbang bisa membaca manual book yang tertera pada kemasan filter saat pembelian. Filter Kolam Koi

Pompa  air ini digunakan untuk mengambil, atau menyedot air kolam untuk dialirkan pada filter. Gunakan pipa yang sesuai dengan ukuran lubang pengeluaran pompa.

Air dari pompa ini kemudian dialirkan ke dalam bak yang difungsikan sebagai filter. Filter yang digunakan adalah jenis kapas filter yang juga tersedia di toko ikan hias. Biasanya berwarna putih, namun ada yang memiliki pori halus, dan ada juga yang memiliki pori kapas sedikit lebih berongga.

Untuk lebih simple nya,tidak hanya filter busa/kapas saja yang dapat digunakan dapat digunakan,melainkan susunan bahan-bahan sebagai berikut yang kami rancang dari atas ke bawah:

  • Kapas/busa/foam filter (lapisan paling atas)
  • Batu neolit ukuran kecil/besar
  • Arang aktif
  • Kapas/busa/foam suplay filter
  • Batu Zeolit ukuran besar
  • Kapas (lapisan paling bawah)

FILTER BIOLOGIS

Pada prinsipnya, jenis filter biologis ini menggunakan sejenis bakteri tertentu untuk menguraikan bahan kimia beracun yang bersemayam di dalam air kolam.

Biasanya, bahan kimia yang digunakan ini berasal dari kotoran ikan, atau juga sisa makanan, dan juga dapat masuk dalam kolam secara tidak di sengaja.

Biasanya, filter jenis biologis ini menggunakan serangkaian proses yang bertingkat sama dengan sistem filtrasi dengan bakteri.

Serangkaian proses ini mengikuti siklus nitrogen yang dimulai dari  amonia ~> nitrit ~> nitrat

Tahap awalnya adalah menggunakan bakteri nitrifying, yang mana bakteri tersebut semacam bakteri Nitrosomonas, untuk mengubah amonia menjadi nitrit.

Proses selanjutnya adalah secepat mungkin dapat mengubah nitrit menjadi senyawa nitrat yang mana berguna untuk membasmi bakteri Nitrobacter.Jenis bakteri Nitrobacter adalah sejenis bakteri pembersih yang mana bakteri ini sangat membutuhkan oksigen, sehingga diperlukan ruangan pengendap. Filter Kolam Koi

Add a Comment

Your email address will not be published.