Ikan Hias Koi

Ikan Hias Koi. Jenis ikan Koi adalah adalah jenis ikan yang memiliki warna hiasan yang indah, ikan koi ini cukup populer di kalangan pecinta ikan hias sebagai pembawa keberuntungan.

Pada umumnya jenis ikan koi ini,merupakan jenis ikan yang hampir mirip dengan ikan mas (cyprinus carpio). Ikan koi ini biasa dipelihara di halaman dengan sebuah kolam. Hiasan yang ada pada aquarium ikan koi ini,merupakan fakta bahwa ikan koi menunjukan keindahan dan keberuntungan jika dipelihara di halaman rumah. 

Ikan koi juga merupakan jenis ikan yang banyak dipelihara di area kolam taman, mempunyai gerakan yang pelan dan luwes, ikan koi ini juga sering dipertandingkan dalam aspek estetikanya, yang mana cara penilaiannya ini biasanya berdasarkan warna dan juga proporsi tubuhnya,

Ikan koi sendiri ini terdiri dari bermacam macam variannya yang mana sangat sesuai dengan warna sisiknya. Untuk urusan kualitas air,ikan koi ini akan senang dengan jenis air yang mempunyai kisaran pH 6 sampai 8 dengan suhu rata-rata mencapai 25-31 derajat celcius.

JOGLO KOI FARM

Mojoroto gg 8 Barat. Kota Kediri, Jawa Timur

Hubungi: +6285158022759

Kunjungi kami via Instagram untuk Update katalog Ikan Koi Terbaru di @Mjkoifarm

Untuk tahap pemijahan,jenis ikan koi ini biasanya akan di perbandingkan antara jantan dan betina 3:1. Lalu untuk jenis pakan untuk ukuran 2 cm menggunakan kuning telur dan cacing sutra.,lalu setelah umur sampai ukuran 3 cm diberikan makanan tambahan seperti belet atau mrutu. Penyortiran ikan koi ini sebaiknya dilakukan sekali tiap bulan. Ikan koi yang jadi biasanya hanya berkisar tak kurang dari 10% dari total anakan yang menetas.

Warna ikan koi dapat menjadi tajam apabila ikan koi setelah tahap penyortiran ini dimasukkan ke dalam kolam dengan pencahayaan matahari secara maksimal. Dengan bantuan cahaya matahari,maka dengan ini akan menimbulkan warna yang tajam. Namun,jika suhu di dalam air ini terlalu panas,maka nantinya juga dapat menyebabkan ikan koi akan stres sehingga membuat warna menjadi pudar.

Cahaya matahari yang baik adalah pada saat pagi hari. Untuk jenis makanan pada ikan koi ini juga perlu dijaga dengan pemberian pelet atau mrutu,yang mana mrutu merupakan hewan kecil yang banyak mengandung protein tinggi diatas 32% yang mengandung vitamin, A, C, D, E, K ,Atau juga bisa dengan pakan ikan koi yang mempunyai vitamin speerti B1,B2, B6, B12 dengan  sedikit unsur mineral niasin, kalsium, choline, pathetonate, trace dan juga antioksidan.

Sedangkan untuk membuat ikan koi ini mempunyai warna yang kian tajam,maka gunakanlah jenis pakan ikan koi yang mengandung zat karoten.

Zat tersebut berupa antacanthin yang mana dapat menghasilkan warna merah dan lutein yang menciptakan warna kuning kehijauan. Umumnya makanan yang diperuntukkan untuk ikan koi haruslah yang mengandung beberapa zat seperti zat karoten yang semua itu terkandung di beberapa bahan seperti spirulina, alga, wortel dan chlorella, semangka, sawi, kubis dan cabai hijau.

Untuk hewan lain seperti kepiting, udang, krill, trout, salmon, kutu air, jentik, cacing dan parasit.

Ikan Koi pada dasarnya memiliki banyak warna yang begitu populer di berbagai negara,berikut kami ulas jenis ikan koi yang dikenal secara internasional

A. Jenis Ikan Hias KOI Standar Internasional Populer

1. Silver koi

Nama Latin Cyprinus carpio

2. Dutchsy Silver koi

Nama Latin Cyprinus carpio

3. Diamond Koi

Nama Latin Cyprinus carpio 

4. Tigeris Koi

Nama Latin Cyprinus carpio

5.   Golden koi

Nama Latin Cyprinus carpio

6. Black Koi

Nama Latin Cyprinus carpio

Mengetahui Beberapa Jenis Ikan Koi

Ikan Koi ini masih termasuk kedalam jenis ikan Karper Cyprinuscarpio. Ikan karper sendiri  merupakan jenis hewan peliharaan yang sangat lucu dan indah untuk dipandang dengan lama.

Pada bagian corak dan juga warna serta motif yang dimiliki ikan koi ini hampir sama persis dengan ikan mas, hal yang sedikit membedakan adalah kulit ikan koi lebih mencolok dan beraneka ragam.

Maka tak heran jika jenis ikan koi ini juga dapat dibedakan berdasarkan pola, bentuk tubuh dan corak warna yang dimilikinya. Berikut ini beberapa jenis ikan koi unggulan :

Ikan Koi Kohaku

Ikan koi jenis Kohaku merupakan jenis ikan koi yang termasuk jenis tertua jika dibandingkan dengan ikan koi jenis lainnya. Jenis Koi Kohaku ini biasanya memiliki warna dasar putih dengan beragam corak dasar yang berwarna merah yang ada diatasnya.

Sebagian besar,jenis kohaku ini memiliki pola dasar berwarna putih dengan corak warna merah menyala dan juga memiliki kualitas terbaik dikelasnya. Ada beberapa jenis yang termasuk dalam spesies kohaku, antara lain : Tancho Kohaku, Maruten Kohaku dan GinRIn Kohaku.

Ikan Koi Taisho Sanke

Sama-sama memiliki warna dasar putih yang solid jenis Ikan koi Taisho Sanke ini terlihat hampir mirip dengan jenis kohaku. Perbedaannya terletaak pada bagian pola dengan warna merah yang dikombinasikan dengan balutan berwarna hitam pekat. Jenis Taisho Sanke ini lebih sering disebut dengan sanke agar para pecinta ikan mudah mengucapkannya.

Ikan Koi Shusui

Jenis ikan koi Shusui adalah jenis ikan koi yang masih keturunan dari spesies Asagi yang tentu saja bisa dibedakan dari sedikit perbedaan yang ada,dari jenis itu terdapat beragam perbedaan yang mana dapat dilihat dari bentuk dan juga warna pada sisik.

Sisik dengan sebutan dorsal inilah membedakan antara warna jaring biru pada ikan koi jenis koi Asagi. Sebagaian besar jenis ikan koi shusui ini memiliki keturunan asagi,maka anda perlu mencermatinya agar tidak salah dengan koi jenis Asagi.

Ikan Koi Shiro Utsuri

Ikan koi jenis Shiro utsuri ini memiliki perbedaan yang begitu mencolok dibandingkan dari jenis ikan yang kami sebutkan diatas. Ikan koi jenis shiro utsuri ini mempunyai warna dasar hitam pekat dengan corak berwarna putih. Jenis ikan koi ini juga termasuk jenis terbaik pada spesies shiro utsuri,yang mana memiliki ciri khas perpaduan antara warna hitam dan juga putih di bagian kepala.

Ikan Koi Ki Utsuri

Ki utsuri adalah jenis ikan koi yang dikategorikan jenis ikan termahal karena jumlah ikan ini cenderung sedikit.

Ikan koi jenis ki utsuri ini tergolong spesies yang paling langka yang mana sangat sulit untuk ditemui. Mempunyai bentuk Tubuh yang memiliki warna dasar hitam dan juga sedikit tambahan pada bagian sisik dengan corak warna kuning cerah.

Berhubung harga jenis ikan koi ini cukup terbilang mahal, maka dengan ini anda harus lebih berhati-hati ketika ingin membeli koi ini, jangan sampai salah dengan jenis utsuri lain atau tertipu dengan tampilan

Ikan Koi Kumonryu

Jika anda ingin memiliki jenis ikan koi yang bisa bergonta-ganti warna maka pilihan anda tentunya akan jatuh pada jenis kumonryu. Jenis koi ini akan benar-benar membuat anda tidak bosan dengan penampilan ikan koi yang itu-itu saja.

Ikan koi jenis kumonryu ini mempunyai Kemampuan dapat mengubah pola warna dari putih ke hitam atau kombinasi keduanya menjadi daya tarik tersendiri dan itu hanya terdapat pada jenis kumonryu saja. Ikan Hias Koi

Add a Comment

Your email address will not be published.