Jual Ikan Koi

Jual Ikan Koi. Pada dasarnya ada 2 jenis usaha di bidang budidaya ternak hewan. Yang pertama adalah, budidaya untuk dikonsumsi. Misalnya saja ternak hewan seperti sapi potong, ternak ayam potong, dll. Lalu yang kedua adalah budidaya yang tujuannya bukan untuk dikonsumsi. 

Misalnya saja budidaya ternak burung love bird, budidaya ikan hias, dll. Beberapa jenis ikan tertentu, biasanya kerap sekali untuk dibudidayakan untuk keperluan konsumsi. Misalnya saja ikan jenis gurame, ikan patin, ikan lele, dll.

JOGLO KOI FARM

Mojoroto gg 8 Barat. Kota Kediri, Jawa Timur

Hubungi: +6285158022759

Kunjungi kami via Instagram untuk Update katalog Ikan Koi Terbaru di @Mjkoifarm

Sementara untuk jenis ikan arwana, ikan lou han,jenis ikan tersebut dibudidayakan namun bukan untuk tujuan konsumsi. Ikan-ikan tersebut dibudidayakan untuk tujuan sebagai ikan hias.

Budidaya ikan hias koi ini memang cukup menjanjikan,dan juga begitu mudah untuk dilakukan. Untuk memulai budidaya ikan koi ini,anda harus terlebih dahulu mengerti tentang tahapan-tahapan budidaya ikan koi,yang mana hampir sama dengan budidaya ikan mas. Hanya saja yang menjadi krusial adalah adanya ketersediaan bibit unggul dan berkualitas.

Dalam hal ini,terdapat beberapa perbedaan yang cukup mendasar,yang terletak pada soal kuantitas dan juga segi kualitas. Salah satu usaha budidaya ikan hias yang sedang populer saat ini adalah budidaya ikan hias jenis koi.

Potensi akan jenis usaha jual ikan hias koi ini memang sangat besar. Bahkan,sekarang ini saja usaha ikan koi bukan lagi menjadi bisnis sampingan,namun juga dapat dijadikan bisnis utama.

Jual ikan koi memang merupakan bisnis yang terbilang cukup baru,dibandingkan dengan jenis ikan hias lain seperti cupang ataupun ikan hias jenis arwana,yang mana kedua jenis ikan hias itu mempunyai pasar sendiri.

Jika anda tertarik dan ingin menekuni budidaya ikan, maka sebaiknya anda memilih budidaya ikan hias koi saja. Dibandingkan budidaya ikan yang dipergunakan untuk konsumsi, usaha budidaya ikan hias koi ini merupakan jenis usaha yang memberikan potensi serta keuntungan yang  lebih besar.  Jual Ikan Koi

Karena mementingkan adanya kualitas,ikan hias koi dihargai per ekor dan tergantung pada warna serta ukuran ikan koi tersebut. Sementara, untuk jenis ikan konsumsi dihargai per kilo. Maka, harga jual ikan hias ini sudah pasti jauh lebih mahal dari pada ikan untuk konsumsi. 

Kebanyakan para konsumen yang menyukai ikan hias koi ini,berani membayar mahal untuk menyalurkan kesenangannya dalam bentuk usaha ikan koi. Karenanya para penghobi disini tidak monotone untuk mengejar dari segi kuantitas saja namun juga dibutuhkan ketelitian, usaha budidaya ikan hias koi ini juga tidak memerlukan tempat usaha yang luas. 

Anda tidak perlu susah payah untuk membangun kolam yang luas, Cara pemeliharaan ikan hias koi ini juga hampir sama dengan pemeliharaan ikan konsumsi yang relatif lebih mudah. Begitu pula dengan teknik pemeliharaan ikan koi. Ikan hias koi ini bisa dipelihara di kolam semen atau kolam terpal.

Dengan menyediakan Ukuran kolam dengan panjang sekitar 2 meter dan lebar 3 meter, maka dengan itu sudah cukup bagi ikan koi untuk berenang. Namun,agar tidak menghambat pertumbuhan dan merusak warna punggung pada ikan koi,maka perhatikan juga akan kedalaman kolam ikan koi,para peternak senior menganjurkan agar kedalaman kolam mencapai  50 – 100 centimeter saja atau juga bisa lebih,dengan volume air mencapai 50%. 

Untuk mencegah ikan koi ini melompat,maka pastikan pula agar jarak antara air menuju bibir kolam minimal 50 centimeter,dan jangan lupa untuk membuat saluran pembuangan yang berada tepat di bawah kolam dan juga sediakan saluran untuk air bersih dari atas menggunakan pipa.

Desain untuk pembuatan kolam merupakan hal yang sangat berhubungan erat dengan pendistribusian air bersih. Maka,untuk menjaga agar kolam tetap stabil,maka anda perlu untuk memperhatikan akan estetika yang harus anda pahami dan juga mengatur rencana akan distribusi air. Yang mana pada tahap ini merupakan jenis pengelolaan yang sangat penting. 

Mendistribusikan air secara baik,haruslah mampu untuk mengalirkan  air bersih ke semua kolam. Selain itu pahami juga tentang jalur koneksi dengan sistem penyaringan yang itu sangat penting. Desain yang baik akan menjadikan pemakaian pompa air menjadi lebih efektif dan juga efisien.

Untuk menjaga pertumbuhan ikan koi,diperlukan jenis dan juga kadar di dalam air yang cocok. Derajat keasaman (pH) sekitar 7 hingga  8. Atur juga untuk bagian sirkulasi untuk kelancaran air dengan menggunakan pompa yang dapat menyalurkan air sebanyak 35 liter per menit. 

Berikut adalah ciri indukan ikan koi yang siap untuk di budidaya:

  • Umur ikan koi minimal sudah cukup matang, atau lebih dari 3 tahun
  • Memiliki jenis yang sama atau juga bisa mendekati, misalnya jenis kohaku dengan kohaku
  • Perhatikan Bentuk tubuh,pilih indukan dengan tubuh ideal, dari atas tampak seperti torpedo
  • Mempunyai Gaya berenang yang tenang dan seimbang
  • Mempunyai Warna yang cemerlang dengan kontras tinggi
  • Pastikan ikan koi dalam keadaan sehat, dan gerakannya gesit tidak banyak diam di dasar kolam.
  • Indukan jantan dan betina telah matang gonad

Untuk penyaringan debit air, maka anda wajib untuk menggunakan beberapa tahap jenis penyaringan. Yang pertama yang harus anda lakukan adalah membuat lapisan utama yang terdiri dari pasir, ijuk dan batu-batuan kecil/kerikil. Yang mana bahan tersebut sangat berfungsi untuk menyaring sampah dan juga lumpur. 

Lapisan kedua menggunakan bahan yang disebut dengan karbon aktif. Dengan menggunakan bahan ini sangat berguna untuk menyerap adanya racun, dan membunuh parasit,bakteri dan virus secara maksimal.

Lalu buat juga untuk lapisan penyaring yang ketiga,yang mana disini dapat berupa bebatuan dan juga tanaman. Fungsinya tak lain,adalah untuk mengikat beragam jenis kotoran kecil. Selain asupan makanan yang sehat, ikan koi yang bagus juga memerlukan lingkungan hidup yang baik dan bebas dari sumber penyakit.

Banyak jenis sumber makanan untuk jenis ikan koi, bisa berupa pakan alami atau pakan buatan. Pakan ikan koi harus mengandung protein tinggi untuk menunjang pertumbuhan badan dan menjaga kesehatan ikan koi. 

Pakan ikan yang mengandung vitamin juga penting. Sedangkan untuk mempercantik warna ikan koi, diperlukan asupan pangan yang mengandung zat karoten. Zat ini bisa diperoleh dari alga, wortel, ganggang, dll.

Budidaya ikan hias koi memang seakan-akan terlihat sulit. Namun,percayalah terdapat satu kunci yang harus anda pegang teguh yakni kesabaran dan perawatan lingkungan hidup ikan koi. Lingkungan yang baik dan bersih akan secara alami memberikan makanan untuk ikan koi. dan dari lingkungan yang sehat inilah membuat ikan koi akan tumbuh dengan cepat dan terjaga akan kesehatan nya. 

Ikan koi yang sehat mempunyai warna punggung yang cemerlang. Warna-warna indah inilah yang membuat orang rela mengeluarkan uang jutaan rupiah. Mengelola bisnis jual ikan koi,merupakan sentra wirausaha yang cukup menjanjikan untuk akhir-akhir ini.

Terlebih jenis ikan hias koi merupakan varian ikan hias yang tak lekang oleh waktu dan akan banyak sekali jenis/varian unggul lainnya. Dengan menekuni bisnis jual ikan koi ini niscaya akan mendatangkan pundi-pundi rupiah dari orang-orang penyuka ikan hias koi. Saatnya anda mengambil peluang ini. Jual Ikan Koi

Add a Comment

Your email address will not be published.