Jual Beli Ikan Koi

Jual Beli Ikan Koi. Jual beli dibidang ikan koi dapat dibilang bisnis yang menggiurkan. Hal itu disebabkan karena jenis Ikan koi ini adalah jenis ikan hias yang sangat populer di Indonesia, bahkan juga terkenal secara internasional.

Untuk tahap budidaya ikan koi di Indonesia, terdapat di beberapa kota di Jawa timur,yakni di kabupaten Blitar dan juga Kediri. Kabupaten Blitar dan Kediri telah menjadi ikon akan perkoian di Indonesia, meskipun di daerah lain juga menghasilkan ikan koi.

JOGLO KOI FARM

Mojoroto gg 8 Barat. Kota Kediri, Jawa Timur

Hubungi: +6285235603340

Kunjungi kami via Instagram untuk Update katalog Ikan Koi Terbaru di @Mjkoifarm

Namun,hal semacam ini disebabkan oleh adanya ikan koi Blitar dan Kediri memiliki corak dan warna yang lebih bagus. Namun,sejauh ini, ikan koi Kediri ini telah merambah hingga ke pasar global, antara lain di negara AS, Singapura, Jerman, dan Belanda.

Usaha ini memang sangat menarik karena memang di samping dapat menghasilkan uang,namun juga sangat efektif dapat menghilangkan rasa stress dan juga dapat membuang rasa jenuh di pikiran secara signifikan,terlebih budidaya ikan koi ini juga merupakan sebuah kesenangan tersendiri jika anda tertarik terhadap ikan hias.

Namun, kali ini, kami akan membahas secara umum mengenai prospek jual beli ikan koi dan juga keuntungan berbudidaya ikan koi di Indonesia,karena dengan semakin meningkatnya jumlah peminat dan penghobi ikan koi. Maka,juga akan seringkali diadakan sebuah kontes-kontes perhelatan akbar ikan koi di berbagai wilayah di Indonesia. Dan menunjukkan bahwa berbisnis ikan koi ini memiliki prospek yang cerah.

Alasan Jual Beli Ikan Koi

Alasan untuk melakukan transaksi jual beli ikan koi yang pertama adalah dari diperoleh dari segi ekonomi atau juga pendapatan. Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias yang harganya sangat tinggi. Maka,untuk ikan koi yang mempunyai corak yang indah, maka dapat dipastikan ikan koi itu akan laku hingga mencapai jutaan rupiah.

Alasan kedua adalah adanya pasar untuk ikan koi yang kian menunjukan keeksissan nya sebagai  tempat untuk jual beli ikan hias koi,terlebih di negara khusus nya di Indonesia,ini masih banyak sekali para pecinta ikan koi yang jumlah permintaannya tidak pernah surut. Seperti dijelaskan di atas, khususnya ikan koi di daerah Kediri yang sudah merambah hingga ke pasar global.

Persiapan Budidaya

Sebelum beranjak ke jual beli ikan koi,maka dibutuhkan terlebih dahulu tentang budidaya ikan koi, yang mana budidaya ikan koi ini terdapat beberapa sarana dan juga prasarana yang dibutuhkan seperti wadah ‘jerry can’, terpal, pembuatan kolam ikan, koi, lahan, bibit ikan koi, jaring, sumur dan pompa air, selang, paralon, timba, dan drum untuk wadah anakan ikan koi.

Sebelum memulai, tentunya Anda harus terlebih dahulu membaca buku-buku panduan budidaya ikan koi untuk belajar atau bisa saja anda melihat di beberapa channel youtube yang menyediakan berbagai macam video seputar budidaya ikan koi,atau anda juga dapat untuk saling bertukar informasi dengan pelaku usaha yang sudah lebih dulu terjun ke dunia budidaya ikan koi.

Di Kabupaten Kediri, pada umumnya telah menggunakan sistem bagi hasil dimana ada satu pihak yang menyediakan lahan dan juga persiapannya (termasuk membuat sumur) dan satu pihak lain yang mengetahui dunia tentang per koian.

Jika anda sudah mempersiapkan tentang beragam keperluan untuk budidaya ikan koi,maka tahap selanjutnya adalah pemasaran akan usaha anda dalam hal jual beli ikan koi. Nah,kami sudah merekomendasikan tentang cara pemasaran ikan koi sesuai dengan kemajuan zaman saat ini. Berikut ulasan singkatnya.

Cara pemasaran ikan koi

Jika anda sudah dapat memproduksi ikan koi, maka sekarang adalah tahap memasarkannya. dengan rinci kali ini kami,akan menjelaskan pemasaran yang sederhana dan juga  tidak memerlukan biaya yang tinggi.

Melalui media sosial

Langkah sederhana yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan dan memanfaatkan berbagai akses media sosial sebagai promosi anda. Anda dapat menggunakan media Facebook, dan juga instagram,yang mana kedua akses media sosial itu merupakan salah satu jenis media sosial yang paling efektif untuk memasarkan ikan koi.

Di dalam media sosial semacam facebook pastinya terdapat berbagai macam jenis grup mengenai jual beli ikan.

Dengan begitu anda dapat masuk atau gabung dengan grup-grup jual ikan koi ataupun ikan hias,lalu setelah anda masuk ke grup tersebut,barulah anda rutin untuk  memposting produk anda.

Melalui grup tersebut dan dengan ini akan saling tercipta komunikasi dua arah, atau anda juga bisa melakukan penawaran agar masyarakat tertarik membelinya.

Melalui website toko online

Langkah selanjutnya adalah dengan membuat sebuah website toko online, sekarang ini sudah mulai banyak akan website toko online yang produknya menjual berbagai macam jenis ikan hias,dengan adanya sistem seperti itu maka anda juga bisa membuat sebuah website toko online dan dalam fitur produknya adalah ikan koi.

Untuk membuat website toko online juga sangat murah jika dibandingkan dengan membuat toko secara konvensional. Hanya dengan membayar uang minimal sekitar 500 ribuan anda sudah dapat memiliki toko online sendiri.

Secara garis besar jual beli ikan koi ini,juga tak selamanya lancar 100%,ada juga beberapa macam hambatan yang sering terjadi yang dialami oleh berbagai penghobi di berbagai wilayah.

Masalah yang sering dialami oleh peternak ikan koi adalah saat ikan koi yang mereka budidayakan berwarna kurang menarik. Terkadang, terdapat salah satu jenis yang mempunyai warna dan corak yang indah dan bisa dikatakan langka.

Namun ternyata semua peternak membudidayakan ikan koi dengan warna dan corak yang sama sehingga terjadi istilah ‘booming’ dan corak tersebut menjadi sangat umum di pasaran. Solusinya adalah dengan memberikan pakan yang berkualitas dan menjaga kualitas air di tempat budidaya dan pembesarannya.

Itulah peluang dan hambatan berbisnis ikan koi yang dapat Anda jalankan. Jika Anda adalah orang yang hobi memelihara ikan hias atau paham cara perawatannya, bisnis ikan koi adalah bisnis yang cocok untuk Anda jalankan. Jika Anda kurang memahami dunia perkoian, maka Anda dapat mempelajarinya terlebih dahulu karena pada dasarnya siapa saja dapat terjun ke budidaya perkoian ini.

Berikut kami sampaikan juga tentang ciri-ciri indukan ikan koi yang siap untuk di budidaya:

  • Umur ikan koi minimal sudah cukup matang, atau lebih dari 3 tahun
  • Memiliki jenis yang sama atau juga bisa mendekati, misalnya jenis kohaku dengan kohaku
  • Perhatikan Bentuk tubuh,pilih indukan dengan tubuh ideal, dari atas tampak seperti torpedo
  • Mempunyai Gaya berenang yang tenang dan seimbang
  • Mempunyai Warna yang cemerlang dengan kontras tinggi
  • Pastikan ikan koi dalam keadaan sehat, dan gerakannya gesit tidak banyak diam di dasar kolam.
  • Indukan jantan dan betina telah matang gonat.

Add a Comment

Your email address will not be published.