Kolam Ikan Koi

Kolam Ikan Koi. Jika anda ingin berbudidaya ikan koi,maka hal yang pertama kali anda lakukan tentunya mempersiapkan segala macam keperluan untuk melakukan persiapan untuk budidaya ikan koi.

Pada tahapan ini, terdapat beberapa aspek yang dapat menjadi  parameter dan juga step yang harus anda ketahui terlebih dahulu. Hal itu dapat dimulai dari persiapan bibit, kolam, pakan hingga sampai ke tahap perawatan.

Step pertama yang harus bisa anda lakukan yaitu terlebih dahulu untuk mempersiapkan setiap perhitungan budget atau dana. Karena disinilah letak adanya beberapa problem yang mungkin dapat menjadi pilihan bagi anda untuk mengetahui segala macam  jenis kolam yang cocok untuk budidaya ikan koi,yang pertama adalah jenis kolam beton, tanah terpal ataupun aquarium. Maka dengan begitu sudah jelas peran kucuran dana akan sangat berpengaruh pada penentuan jenis kolam yang akan digunakan. Kolam Ikan Koi

JOGLO KOI FARM

Mojoroto gg 8 Barat. Kota Kediri, Jawa Timur

Hubungi: +6285235603340

Kunjungi kami via Instagram untuk Update katalog Ikan Koi Terbaru di @Mjkoifarm

Beautiful Koi pond japan

Biasanya, jenis ikan koi ini tidak dipelihara di dalam akuarium,melainkan di budidayakan di kolam,sebab keindahan ikan koi ini terdapat pada bagian punggungnya. Selain itu,ukuran kolam yang kebanyakan luas dan besar yang lebih besar juga memungkinkan koi bisa bergerak lebih leluasa.

Persiapan Kolam Budidaya Ikan Koi

Di tahapan  ini anda akan mengetahui beberapa macam dan juga  jenis kolam yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk  budidaya ikan koi. Persiapan akan jenis kolam ini sangatlah diperlukan, karena nantinya akan mempengaruhi proses pemijahan dan juga step lainnya. Hal ini juga bisa dimasukan kedalam tahap perawatan. Dalam hal lain, persiapan akan bangunan kolam juga akan menentukan kesehatan pada ikan koi.

Kolam Beton

Untuk yang pertama yaitu jenis kolam beton. Yang mana kolam jenis ini telah sangat banyak terpapar jelas di berbagai macam referensi yang bisa anda lihat dan bahkan mungkin jenis kolam beton ini kerap anda temukan berada di lingkungan anda. Namun,kira-kira  hanya ada sekitar 20% saja pembudidaya yang mengerti tentang desain kolam  beton untuk budidaya ikan koi dengan baik.

Rata – rata kolam yang berada di wilayah kita ini semua kebanyakan hanya untuk memelihara jenis ikan hias yang biasa saja. Namun bila disini anda mempunyai tujuan lain,yakni untuk budidaya ikan koi yang mana dengan begitu juga bisa meliputi berbagai segmentasi. Seperti halnya persiapan untuk kolam pemijahan, pembenihan dan juga kolam pembesaran maka harus diperhatikan.

Yang pertama kali harus anda perhatikan adalah melihat luasan daerah yang ingin anda jadikan sebagai tempat kolam beton. Maka,untuk budidaya ikan koi ini idealnya diperlukan setidak nya  3 buah kolam. Yang pertama untuk tahap pemijahan, lalu kemudian kolam untuk pembenihan dan terakhir kolam untuk pembesaran. Dengan masing-masing ukuran  yang berbeda pula,sebagai contoh bisa anda buat ukuran untuk pemijahan yaitu sekitar 4 x 6 meter.

Untuk pembenihan, anda bisa membuat lebih kecil yakni dengan ukuran 2 meter dengan ukuran demikian sudah cukup. Hal itu diperlukan agar supaya ikan koi bisa terkontrol secara maksimal. Dan yang terakhir adalah untuk tahap pembesaran,maka dengan kolam jenis ini anda  bisa membuat kolam yang lebih besar dengan ukuran antara 7 x 8 meter atau juga bisa lebih.

Kolam Tanah

Kolam tanah ini pada dasarnya merupakan jenis kolam yang masih ada kaitannya dengan jenis kolam tembok atau beton. Pasal nya,kolam tanah ini merupakan jenis kolam bagian dasarnya alami dari tanah,pada bagian dinding menggunakan dinding yang terbuat dari bahan beton. Atau juga bisa benar-benar full tanah. Namun saran kami untuk penggunaan kolam tanah,sangat cocok  difungsikan sebagai tempat karantina indukan atau untuk pembesaran. Selain pakan buatan yang bisa dimakan nantinya, pakan alami akan ditemukan pada kolam tanah.

Kolam Terpal

Yang terakhir adalah kolam terpal. Perlu diperhatikan dalam pemilihan bahan terpalnya yaitu yang khusus untuk kolam ikan. Kolam terpal bisa digunakan untuk pemijahan dan pembenihan. Ukurannya beragam, biasanya sudah ditentukan atau diukur di toko-toko penjual terpal.

Setelah tahapan pembuatan kolam ini selesai,maka tahap selanjutnya adalah pembuatan sistem filterisasi yang mana dengan aturan:

Perancangan Sistem Filterisasi

Sebagaimana kolam ikan pada umumnya, jenis kolam koi pun juga perlu dilengkapi oleh beragam sistem filterisasi yang berguna untuk menghasilkan oksigen dan juga menjaga kebersihan air di dalam kolam.

Untuk anda yang ingin membuat kolam koi,sediakan pula untuk sistem filterisasi yang juga dilengkapi dengan dua macam saluran, yaitu saluran untuk air bersih dan juga saluran untuk air kotor. Pada bagian saluran air bersih, air hasil pengolahan filter tadi akan secepatnya dialirkan kembali menuju kolam. Sedangkan untuk saluran air kotor berfungsi untuk menyedot air dan kotoran untuk dialirkan ke sistem filterisasi/pembuangan

Filterisasi pada kolam ikan ini biasanya terdiri dari tiga macam yang ditempatkan di masing-masing kolam. Untuk kolam pertama ini berfungsi untuk menyaring berbagai macam kotoran yang berukuran besar. Sedangkan pada kolam kedua dan ketiga selain dijadikan sebagai sistem filter, fungsi lain juga terdapat pada sistem not,yang dijadikan sebagai tempat pertumbuhan bakteri yang berguna untuk penjernih air.

Selain filterisasi, kolam ikan koi juga membutuhkan bantuan seperti  aerator yang berguna untuk menciptakan gelembung-gelembung udara yang mana fungsi gelembung pada aerator ini untuk menambah kadar oksigen yang ada di dalam air. Bentuk aerator ini mirip dengan air terjun dan air mancur.

Sesudah kolam yang anda inginkan sudah siap  dan sistem filterisasi nya sudah terpasang,maka hal berikut yang tak kalah penting adalah menjaga serta memahami akan kondisi air dan juga suhu di dalam air ketika malam hari,sebab beberapa ukuran ikan yang masih kecil antara 5 cm,akan rentan mati ketika terkena suhu pada saat malam hari, maka untuk itu perhatikan juga akan suhu di dalam kolam tetap terjaga dan stabil,gunakan semacam heater untuk penghangat ikan ketika malam hari. Kolam Ikan Koi

Proses selanjutnya agar memastikan juga kondisi kolam ikan koi cukup luas atau setidaknya dapat dialiri oleh udara bebas,atau juga bisa dengan bantuan alat seperti pompa air, atau juga bisa dengan saringan/filter sehingga nantinya dapat membuat air yang ada di kolam selalu nampak segar dan tidak mudah keruh. Anda juga dapat menambahkan beberapa jenis bahan lainnya yang dapat menjaga air tetap segar dan bebas dari hama. Bahan kimia ini juga dapat anda dapatkan di petshop, dan pastikan agar bahan kimia tersebut aman untuk ikan koi anda.

Selain mendapat  sebuah nutrisi dari makanan yang kita berikan, beberapa nutrisi lain untuk ikan koi ini juga dapat berasal dari tanaman alami yang dapat tumbuh bebas di sekitar kolam. Terdapat beberapa jenis tanaman yang dapat dijadikan pakan ikan koi secara alami,yakni tumbuhan alga dan juga duckweed. Selain itu kita juga dapat memberikan beberapa potongan sayuran seperti kacang polong, wortel, bayam, selada,yang mana sayuran tersebut dapat menjadi suplemen tambahan bagi ikan koi tanpa efek samping.

Add a Comment

Your email address will not be published.