Ternak Ikan Koi

Ternak Ikan Koi. Ikan koi atau yang biasa disapa ikan mas karper adalah salah satu jenis ikan hias yang berasal dari dua negara yaitu Cina dan Jepang. Ikan Koi ini adalah hasil dari berbagai macam perkawinan antara jenis ikan mas.

Ikan koi ini awalnya diperkenalkan secara luas sampai ke penjuru dunia oleh orang-orang Jepang yang mana mereka sangat hobi memelihara ikan koi.

Dimana orang Jepang ini mempunyai suatu kepercayaan bahwa jenis ikan koi ini bisa membawa keberuntungan bagi orang yang memilikinya.

JOGLO KOI FARM

Mojoroto gg 8 Barat. Kota Kediri, Jawa Timur

Hubungi: +6285235603340

Kunjungi kami via Instagram untuk Update katalog Ikan Koi Terbaru di @Mjkoifarm

Sedangkan oleh bangsa di negara Cina memiliki kepercayaan bahwa ikan koi memiliki suatu simbol kekuatan dan juga menjadi legenda dari negara tirani,yang mempercayai bahwa jenis ikan koi dapat berenang dengan cara mendaki air terjun pada sungai kuning yang berada di Negara Cina. Ternak Ikan Koi

Jenis ikan koi  ini mulai diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1960-an saat Presiden Soekarno memiliki hubungan persahabatan dengan pemimpin Cina. 

Pada saat itu bangsa Cina sedang mengadakan lawatan ke Indonesia, lalu beberapa pemimpin Cina memberikan hadiah menarik kepada Bung Karno yaitu berupa ikan koi.

Itulah beberapa asal-usul ikan koi kenapa bisa menyebar ke indonesia, selanjutnya kita akan membahas tentang bagaimana cara yang tepat untuk membudidayakan ikan koi ini.

Bagi anda yang tertarik atau ingin mencoba untuk memelihara ikan koi,namun tidak mempunyai pengetahuan lebih akan jenis ikan ini,maka anda sekarang ini janganlah khawatir lagi,karena sejatinya memelihara ikan koi ini tidak begitu menyusahkan.

Kali ini sebelum kami membahas tentang pemilihan pakan dan juga jenis kolam untuk ternak ikan koi,alangkah lebih baik jika kami ulas terlebih dahulu tentang cara memilih indukan koi dengan kualitas unggulan,maka dari itu simak ulasan kami dibawah ini:

ali ini sebelum kami membahas tentang pemilihan pakan dan juga jenis kolam untuk ternak ikan koi,alangkah lebih baik jika kami ulas terlebih dahulu tentang cara memilih indukan koi dengan kualitas unggulan,maka dari itu simak ulasan kami dibawah ini:

Cara memilih Jenis Koi Indukan Pilihan

Dalam memilih indukkan ikan koi yang unggulan,yang pertama ialah pahami akan hasil perkawinan indukan tersebut,yaitu ketika sudah menetas maka anakan ikan koi setelah menetas,langsung saja pindah ke tempat yang tersedia eceng gondok.

Sebenarnya terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan berdasarkan paparan dari seorang yang berpengalaman dari pecinta ikan koi dan pembudidaya ikan koi.

Antara lain adalah bagian pada bentuk badan (postur tubuh), dengan pola dan warna, lalu untuk kepekatan warna dan juga beberapa faktor lain yang menjadikan syarat agar ikan koi menjadi indukan yang indah saat dipandang.

Bentuk Badan atau Postur Tubuh

Menurut standar yang ditetapkan  dan berlakukan secara internasional,mengungkapkan jika bentuk ikan koi yang ideal adalah ikan koi dengan memiliki perbandingan antara tinggi dan juga panjang dengan perbandingan berkisar 1:2,5 dan 1:3. Dengan postur tubuh yang bulat,namun akan tetapi juga tidak terlalu gemuk.

Tentunya sudah memiliki standar khusus untuk menjadikan ikan koi ini sebagai indukan dan pastikan indukan ikan koi ini matang atau setidaknya memiliki umur sekitar 2 tahun atau lebih. Cara lain adalah dengan melihat bentuk tubuh dengan cara dilihat dari atas seperti,ikan koi kualitas bagus akan mempunyai tubuh seperti torpedo dan bentuk lainnya.

Gaya Berenang

Koi harus memiliki gaya berenang yang bagus seperti tenang dan terkadang berlenggak-lenggok dengan seimbang. Nah, gerakan yang seimbang ini dipengaruhi oleh faktor besarnya sirip yang simetris (seimbang).

Setelah anda cermati ciri-ciri diatas,maka tahap selanjutnya adalah pemilihan jenis kolam dan juga pemberian pakan pada ikan koi

Memilih Kolam yang Tepat

Untuk ikan koi,terdapat beberapa macam type kolam yang dapat anda aplikasikan untuk memelihara ikan koi,jenis kolam itu juga bisa terbuat dari beberapa macam bahan yang berbeda pula.

Anda dapat membuat kolam ikan koi dengan bantuan ahli atau anda bisa memesan jenis kolam terpal yang mempunyai beragam keunggulan dan tentunya praktis.

Untuk membuat kolam ikan koi, langkah awal yang harus kita persiapkan  adalah kedalaman kolam dan juga tinggi kolam,beberapa penghobi ikan koi menyarankan agar kedalaman kolam sekitar 1 meter yang mampu menampung debit air sebanyak 1400 liter air untuk setiap ikan.

Pemberian Pakan Untuk Ikan Koi

Pemberian makanan pada ikan koi memang harus sesuai standar dan juga mengetahui takaran yang pasti,perlu anda ketahui bahwa saluran pencernaan pada ikan koi ini sangat pendek.

Dengan begitu,maka anda harus pintar-pintar dalam pemberian pakan pada ikan koi,dan juga atur dalam takaran dan juga jumlah yang tepat,untuk mencegah ikan kelebihan makanan. Jika ikan kelebihan makanan, maka ikan koi akan lebih beresiko mengalami gangguan kesehatan dan bahkan bisa mengancam nyawanya.

Menjaga Kesegaran Air Kolam

Proses selanjutnya agar memastikan juga kondisi kolam ikan koi cukup luas atau setidaknya dapat dialiri oleh udara bebas,atau juga bisa dengan bantuan alat seperti pompa air, atau juga bisa dengan saringan/filter sehingga dapat membuat air kolam selalu segar dan tidak mudah keruh.

Anda juga dapat menambahkan beberapa jenis bahan lainnya yang dapat menjaga air tetap segar dan terhindar dari bebagai serangan dari hama. Bahan kimia ini dapat anda dapatkan di petshop, dan pastikan bahan kimia tersebut aman untuk ikan anda.

Merendam Pelet Di Dalam Air Kolam

Sebelum memberi pakan ikan koi,maka tahap sebelumnya ialah merendam pelet ikan koi terlebih dahulu. Dengan merendam terlebih dahulu pelet ikan koi tersebut di dalam air kolam sekitar 30 detik hingga 2 menit.

Hal ini ditujukan agar dapat membuat tekstur pada pelet ikan koi menjadi lebih aman dan jauh lebih mudah untuk dicerna oleh ikan,terlebih ketika ukuran ikan koi berukuran kecil.

Tekstur pada pelet ikan koi yang cenderung kering ini dapat mengembangkan di dalam saluran pencernaan pada ikan koi dan dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada saluran pencernaan,dan nantinya akan menyumbat dan juga mengancam nyawa ikan koi.

Menyediakan Tanaman Alami Di Dalam Kolam

Selain mendapat  sebuah nutrisi dari makanan yang kita berikan, beberapa nutrisi lain untuk ikan koi ini juga dapat berasal dari tanaman alami yang dapat tumbuh bebas di sekitar kolam.

Terdapat beberapa jenis tanaman yang dapat dijadikan pakan ikan koi secara alami,yakni tumbuhan alga dan juga duckweed. Selain itu kita juga dapat memberikan beberapa potongan sayuran seperti kacang polong, wortel, bayam, selada,yang mana sayuran tersebut dapat menjadi suplemen tambahan bagi ikan koi tanpa efek samping.

Pemberian Pakan Yang Berfungsi Dapat Mencerahkan Warna Tubuh Ikan Koi

Karena ikan koi ini terkenal akan warna dan juga corak pada kulit nya yang indah, maka dengan ini kita dapat memberi asupan makanan yang dapat mencerahkan warna tubuh pada ikan koi.

Makanan yang dapat memberikan efek perubahan pada tubuh ikan koi ini dapat diberikan sebagai contoh adalah spirulina, udang, atau krill. dan jenis-jenis makanan-makanan ini telah banyak dikenal secara luas oleh berbagai penghobi dan secara signifikan dapat mencerahkan warna dari kulit ikan koi. Ternak Ikan Koi

Add a Comment

Your email address will not be published.