Ciri-Ciri Penyakit Busuk Insang Pada Ikan Koi Dan Cara Mengobatinya

Ciri-Ciri Penyakit Busuk Insang Pada Ikan Koi Dan Cara Mengobatinya.

Penyakit busuk insang ini banyak disebabkan oleh adanya serangan jamur Branchiomyces sanguinis dan juga Branchiomyces demigrans penyakit jenis ini dapat menular dengan sangat cepat, jika ditemukan ikan koi yang terjangkit penyakit ini maka dengan cepat harus diambil tindakan dengan cara mengisolasi ikan koi tersebut ke wadah karantina, dan segera melakukan sterilisasi pada kolam dengan menggunakan desinfectan yang berguna untuk mencegah penularan lebih lanjut.  

Penyakit jamur penyebab busuk insang ini dapat terlihat secara nyata dari timbulnya adanya bercak putih di sekitar area mulut dan kemudian bisa menyebar hingga ke seluruh permukaan insang yang mana jika tidak segera diobati maka ikan koi ini akan mati kaku dan insang akan membusuk.

JOGLO KOI FARM

Mojoroto gg 8 Barat. Kota Kediri, Jawa Timur

Hubungi: +6285235603340

Kunjungi kami via Instagram untuk Update katalog Ikan Koi Terbaru di @Mjkoifarm

Jamur penyebab busuk mulut pada ikan koi іnі ѕаngаt mudah berkembangbiak. Maka,jіkа satu ikan koi уаng terjangkit jamur ini, maka dapat dipastikan ikan koi уаng lаіn dalam satu kolam dараt dеngаn cepat terinfeksi juga.

Tingkat kematian yang diakibatkan oleh busuk insang ini dapat dibilang cukup tinggi hingga mencapai 100% sehingga tindakan pengobatan sedini mungkin akan sangat menolong kesembuhan ikan koi di karenakan tingkat infeksi insang lebih dari 50% dan sangat kecil kemungkinannya ikan koi ini dapat diselamatkan.

Penyebaran atau penularan penyakit busuk insang ini adalah melalui spora dimana insang yang membusuk akan hancur dan sporanya dapat berhamburan di dalam air,lalu kemudian hinggap ke inang yang baru. Ciri-Ciri Penyakit Busuk Insang Pada Ikan Koi Dan Cara Mengobatinya

Tindakan pemusnahan dan juga sterilisasi di dalam kolam  ini sangat disarankan jika penyakit sudah menjadi wabah di kolam ikan koi,maka untuk itu perlu adanya sterillisasi di dalam kolam,anda dapat menggunakan perendaman kolam menggunakan larutan PK dengan takaran 3-y gr per 1000 liter air di dalam kolam atau juga bisa dengan desinfectan jenis lainnya.

Spesies jamur ini biasanya dijumpai pada ikan koi yang mengalami stres akibat parameter air di dalam kolam dan juga lingkungan area kolam ikan koi, seperti pH rendah (dibawah 8), dan juga kandungan oksigen (DO) yang sangat rendah, atau juga bisa diakibatkan oleh banyaknya kotoran di dasar kolam ikan koi atau juga bisa akibat meluasnya pertumbuhan alga yang hidup secara berlebih. 

Hal lain yang dapat menyebabkan ikan koi terkena busuk isnang adalah kondisi kolam уаng sangat kotor bіаѕаnуа menyebabkan penyebaran jamur menjadi lebih cepat. 

Suhu di dalam kolam ikan koi уаng tеrlаlu tinggi јugа dараt mempercepat penyebaran jamur ini. Keadaan аkаn semakin parah јіkа pakan уаng diberikan secara berlebihan.

Bakteri penyebab busuk insang ini berjenis Branchiomyces sp.yang dapat tumbuh subur  pada temperatur 26 – 35°C. Namun,pada umumnya bakteri Branchiomyces sanguinis ini menyerang insang ikan koi terutama di dekat pembuluh darah branchial yang letaknya sangat dekat dengan insang ikan koi.

 Maka dengan adanya hal itu,Ikan koi yang sudah terjangkit busuk insang  akan menunjukkan gejala sulit bernafas lalu bagian di permukaan air kolam ini ketika sudah melampaui pada tahap akut,maka ikan koi ini akan mati karena kesulitan bernafas.

GEJALA KLINIS IKAN KOI TERKENA BUSUK INSANG

Ikan koi  yang sudah terinfeksi jamur penyebab busuk insang ini akan menunjukan gejala seperti berikut

  • Gejala awal ikan koi yang terjangkit Branchiomyces sanguinis  akan menunjukkan gejala bernafas dengan tersengal-sengal.
  • Ikan koi akan akan malas bergerak dan cenderung pasif
  • Insang tampak mengeras dipenuhi oleh jamur yang hampir serupa dengan tumpukan kotoran dan nantinya insang ikan koi akan berwarna pucat
  • Untuk memastikan ikan koi ini terkena busuk mulut,maka dapat membuka sedikit ke celah insang ikan koi, kondisi insang yang terjangkit busuk mulut ini biasanya berwarna putih hingga biru sedikit kehijauan.

PENCEGAHAN BUSUK INSANG PADA IKAN KOI

Agar kolam ikan koi ini bebas dari gangguan jamur ini maka anda disarankan untuk melakukan tindakan awal sebagai berikut,

  • Segera lakukan tindakan tanggap dengan cara  mengisolasi ikan koi yang sudah terinfeksi penyakit ini.
  • Rajin membersihkan chamber filter mekanis di sekitar dinding kolam dan juga pastikan kolam dalam keadaan steril, lalu bersihkan juga kotoran yang  sudah menumpuk dengan lama,maka dengan ini dapat menjadi sumber timbulnya jamur penyebab busuk mulut.
  • Lakukan juga dengan rutin tahap pengukuran parameter secara reguler terutama dengan menjaga agar pH  di dalam kolam diatas 6,5
  • Beri larutan methylene blue ke dalam kolam ikan koi sebanyak 1 garm per 5000 liter air setiap 14 hari atau juga bisa sebulan sekali.

PENGOBATAN IKAN KOI YANG TERKENA BUSUK INSANG

Penyakit busuk insang inu relatif lebih sulit disembuhkan, maka bila infeksi sudah menutupi lebih dari 50% insang ikan koi,maka sangat kecil kemungkinannya untuk dapat disembuhkan.   Maka daritu,perhatikan tingkah laku ikan koi secara cermat dan apabila terindikasi penyakit busuk insang,maka segera lakukan tindakan berikut ini untuk mengobati,

  • Perendaman ikan koi selama 3 jam ke dalam larutan yang berisi 0,3 ppm Malachite Green dan juga 1 ppm Copper Sulphate, setelah itu kuras air dan kemudian ganti air dengan larutan Acrivlavine 1 gr per m3 air. Lakukan cara ini selama kurang lebih 5 hari.
  • Untuk gejala awal anda bisa melakukan perendaman ke dalam larutan dengan tambahan sekitar 3-5% garam,dan diamkan bersama ikan koi selama 5 menit.
  • Anda juga bisa memberikan sedikit larutan malacheet green dengan dosis setidaknya 60 gram /M3. Lalu kemudian masukkan obat itu ke dalam air lalu kemudian disusul oleh di masukan nya ikan koi,dan tunggu kurang lebih sekitar 10 – 15 menit.

Selama proses pengobatan ini berlangsung,maka bak karantina harus diberi aerasi yang cukup agar ikan koi tidak semakin kritis kondisinya.

PENGOBATAN IKAN KOI YANG TERKENA BUSUK INSANG TAHAP 2

Untuk tahap yang kedua ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tahap yang pertama,hanya saja tahap yang kedua ini banyak dilakukan oleh para penghobi ikan koi dalam pengobatan ikan koi yang terkena busuk insang,dengan cara merendam ikan koi yang sakit busuk insang ke dalam campuran 0,1 gram Green F yang anda campur ke dalam 10 liter air.

Atau juga bisa anda masukan satu sendok teh Aureomycin ke dalam 10 liter air bersih. Dengan cara itu,anda juga harus menyesuaikan dengan lama perendaman dengan petunjuk pemakaian yang tertera pada kemasan obat.

Catatan:

  • Selama proses pengobatan,maka anda jangan sekali-kali memakai media filter kimia, misalkan carbon, ceramic ring, batu zelroid, dll.
  • Penggunaan filter biologi ini tidak begitu bermasalah pada pengobatan namun efek samping nya adalah dapat merusak adanya sistem filtrasi biologi itu sendiri.

Add a Comment

Your email address will not be published.