Ciri-Ciri Penyakit Busuk Sirip Pada Ikan Koi Dan Cara Mengobatinya

Ciri-Ciri Penyakit Busuk Sirip Pada Ikan Koi Dan Cara Mengobatinya

Penyakit busuk sirip merupakan jenis penaykit yang disebabkan oleh adanya jenis  bakteri liar seperti Aeromonas Hydrophylia. Yang mana,biasanya jenis bakteri ini akan lebih senang menempel pada bagian tubuh ikan koi yang sedang mengalami luka. 

Ciri-Ciri Penyakit Busuk Sirip Pada Ikan Koi Dan Cara Mengobatinya

Bakteri semacam ini akan senang membusukkan kedalam luka dan nantinya akan meninggalkan luka berdarah di dalam tubuh ikan koi. Bagian-bagian tubuh ikan koi seperti sirip dan juga ekor merupakan bagian yang sangat rawan terkena penyakit ini. Apalagi jika kondisi pada air di dalam kolam dalam keadaan kotor dan tidak sehat.

Tak hanya terjadi pada ikan koi saja,namun busuk sirip ini juga dapat menyeran ikan hias lainnya seperti ikan cupang sampai ikan mas hias. 

Penyakit ini juga sering sekali disebabkan kondisi di akuarium yang kotor dan tidak higenis, yang mana dapat menurunkan kualitas air yang bagus,hal ini juga berimbas kepada perawatan  akuarium yang buruk, atau juga bisa karena terpapar ikan koi lain yang sebelumnya sudah terjangkit oleh penyakit menular lainnya.

Ikan koi yang sedang mengalami busuk sirip,nantinya akan memiliki sirip yang terlihat robek atau terlihat compang-camping,seolah olah membusuk. Penaykit busuk sirip ini juga dapat menyebabkan ikan koi akan berubah warna dan terlihat begitu lesu.  Ciri-Ciri Penyakit Busuk Sirip Pada Ikan Koi Dan Cara Mengobatinya

Penyakit busuk sirip ini memang benar-benar mengkhawatirkan jika tidak ditangani dengan baik dan benar,alhasil dapat menyebabkan kerusakan permanen pada bagian sirip ikan koi dan bisa berakibat fatal. Busuk sirip ini merupakan jenis penyakit yang sangat menular,dan jika ikan koi tersebut mengalami masalah busuk sirip,maka dengan ini harus sesegera mungkin untuk di karantina agar tidak menulari ikan koi lainya yang berada di dalam akuarium.

PENCEGAHAN PENYAKIT BUSUK SIRIP

Membersihkan Akuarium Secara Rutin

Segera anda mengeluarkan ikan koi yang terinfeksi penyakit busuk sirip ini dari dalam akuarium. Lalu mulailah dengan tahapan awal memindahkan ikan koi yang terjangkit busuk sirip ke dalam akuarium yang lain,dan pastikan berisi air bersih yang terbebas dari klorin.

Anda juga harus memindahkan agar ikan koi yang lain ke akuarium yang lain juga atau bisa anda taruh di dalam akuarium secara terpisah yang berisi air bersih, tanpa klorin. Jangan sekali-sekali untuk menggunakan jaring yang anda gunakan untuk memindahkan ikan yang sakit karena busuk sirip,karena hal ini dapat menular melalui kontak dengan jaring yang sama. Jangan juga untuk menempatkan ikan  koi yang sakit di akuarium yang sama dengan ikan lain yang dipastikan sehat untuk mencegah penyebaran penyakit agar tidak menyeluruh

Bersihkan akuarium dan semua aksesori. 

Anda harus secepat mungkin untuk mengosongkan air yang ada di akuarium di wastafel. Jangan lupa juga untuk mengeluarkan semua aksesori dan kerikil dari dalam akuarium

  • Cuci akuarium secara menyeluruh dengan bantuan air panas. Dan juga jangan menggunakan sabun untuk membersihkan akuarium. Gunakan saja handuk yang terbuat dari bahan kertas untuk membersihkan celah-celah dinding akuarium dan pastikan pula seluruh bagian akuarium ini benar-benar bersih.
  • Jangan lupa untuk merendam berbagai macam aksesori di dalam air panas selama kurang lebih 5-15 menit. Jika Anda memiliki tanaman hidup, rendam di dalam air hangat. Setelah itu keluarkan dari air dan biarkan kering dengan sendirinya.
  • Cuci juga bagian kerikil dengan air hangat dan gunakan penyedot debu kecil untuk menyingkirkan kotoran dan juga serpihan yang menempel.

Ganti seluruh air di Akuarium

Sehabis  anda membersihkan dan mencuci akuarium secara menyeluruh dan mengeringkannya juga,maka tahap selanjutnya adalah,anda harus mengatur terlebih dahulu kerikil dan juga beragam aksesori lain yang ada di dalam akuarium. 

Jika akuarium ini belum melalui proses cycling, ,maka anda dapat melakukan penggantian air sekitar 100% untuk menggunakan air yang sudah ditambahkan kedalam kondisioner air dan pastikan bebas dari klorin. Pastikan jug agar suhu di dalam air berkisar antara 26-27 °C

  • Jika di dalam  akuarium sudah mengalami proses cycling, artinya jumlah bakteri baik yang berkembang di permukaan yang terendam air sudah memadai (sebagian besar terakumulasi melalui ikan yang hidup di akuarium dan anda juga bisa untuk mengeluarkan nitrogen), Anda bisa melakukan penggantian air 50%. Untuk selanjutnya disarankan untuk melakukan penggantian air dengan proporsi yang lebih kecil
  • Jika anda mempunyai akuarium yang memiliki filter,maka tentunya anda harus mengisi ember dengan air bersih dari akuarium,lalu kemudian mencuci filter  tersebut dengan air hangat. 
  • Setelah itu maka filter akan terbebas dari segala jenis macam kotoran, Dan dengan ini anda bisa menaruhnya kembali di akuarium. Jangan sekali-sekali untuk menggunakan air keran untuk membersihkan filter karena dapat mencemarinya.

Periksa pH air di akuarium

Sebelum memasukkan ikan koi kembali ke dalam akuarium, maka anda harus menggunakan beberapa alat uji seperti kit uji pH,hal ini difungsikan untuk memastikan agar kualitas air aman untuk ikan koi. Dan pastikan jug agar pH harus berada di kisaran angka 7-8, sementara untuk kadar amonia, nitrit dan nitrat tidak boleh melebihi 40 ppm.

  • Setelah yakin bahwa air yang ada di akuarium tadi aman untuk ikan koi, maka sekarang anda  dapat memasukkan ikan koi kembali ke dalam akuarium secara perlahan,termasuk juga ikan koi yang menderita busuk sirip tadi. 
  • Dengan begitu maka hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menambahkan cairan antibiotik atau juga bisa cairan anti jamur ke dalam air untuk membantu membasmi bakteri penyebab busuk sirip. Pastikan jug agar kondisi akuarium tetap terjaga dan bersih ditambah lagi dengan obat-obatan lain yang dapat membantu menyembuhkan ikan koi dari busuk sirip.

CARA PENGOBATAN PENYAKIT BUSUK SIRIP PADA IKAN KOI

Gunakan pengobatan antibakteri untuk mengatasi masalah busuk sirip.

Jika penyakit  busuk sirip pada ikan koi ini  tidak hilang dalam beberapa hari setelah Anda membersihkan dan juga memproses akuarium, maka anda wajib mencoba untuk menggunakan pengobatan antibakteri untuk busuk sirip. 

Anda bisa membelinya tanpa resep di toko hewan atau di toko perlengkapan ikan hias di sekitar anda. Belilah obat busuk sirip yang ditujukan untuk diformulasi khusus untuk jenis ikan koi, misalnya saja jenis obat busuk sirip untuk ikan cupang atau ikan mas hias lainnya. Dan ikuti tentang aturan pakai yang tercantum pada label kemasan.

  • Obat-obatan ini untuk busuk sirip ini sering sekali mengandung berbagai macam antibiotik untuk membunuh infeksi yang disebabkan oleh jamur, seperti eritromisin, minosiklin, trimethoprim dan sulfadimidin. Maka dengan begitu,pastikan juga bahwa pengobatan busuk sirip ini tidak mengandung pewarna organik karena bisa menjadi racun untuk beberapa jenis ikan koi lainnya.
  • Pengobatan busuk sirip yang sangat populer di antaranya Jungle Fungus Eliminator dan penggunaan tetrasiklin secara berkala.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *