Ciri-Ciri Penyakit Velvet Pada Ikan Koi Dan Cara Mengobatinya

Ciri-Ciri Penyakit Velvet Pada Ikan Koi Dan Cara Mengobatinya

Jenis penyakit velvet atau Oodinium merupakan jenis penyakit pada ikan koi yang disebabkan oleh flagellata,yang mana jenis penyakit ini masuk dalam kategori protozoa, namun akan tetapi beberapa sumber terpercaya banyak yang mengatakan bahwa velvet atau Oodinium ini masuk kategori algae karena memiliki klorofil. 

Ciri-Ciri Penyakit Velvet Pada Ikan Koi Dan Cara Mengobatinya

Secara umum jenis penyakit Oodinium ini merupakan salah satu dari sekian banyak jenis parasit yang sering menyerang ikan koi apabila kualitas air di dalam kolam jelek. Perasaan ikan koi yang sedang stres juga dapat memicu timbulnya penyakit jenis ini.

Velvet atau Oodinium ini juga dapat menyerang jenis ikan air tawar maupun laut, dimana untuk air tawar banyak disebabkan oleh parasit jenis Oodinium pilularis atau Oodinium limneticum dan untuk air laut disebabkan oleh Oodinium ocellatum.

Velvet atau Oodinium ini akan mencari ikan hias sebagai inang dengan segera, karena Oodinium ini akan mati dalam dalam kurun waktu 24 jam,jika tidak menemukan inangnya.

Velvet atau Oodinium ini dominan akan menempel pada tubuh ikan koi dengan menggunakan flagellum lalu kemudian akan membentuk sebuah batang (kaki) penghisap yang nantinya akan masuk ke dalam kulit dan selaput lendir pada insang ikan koi.

Batang (kaki) penghisap ini akan merusak sel-sel di sekitarnya dan juga menghisap nutrisi pada daging ikan koi (inang) sebagai makanannya utamanya.

Setelah makan dan berukuran cukup dewasa, velvet atau Oodinium ini akan melepaskan diri dari inangnya dan berenang bebas di air, lalu kemudian Oodinium ini akan membelah menjadi lusinan sel baru yang siap mencari inang-inang yang baru pula.

Kehadiran velvet atau Oodonium pada kulit dan selaput lendir insang ikan koi ini,juga akan ditandai dengan munculnya bintik-bintik putih bertekstur lembut dan juga halus. Adanya bintik putih ini mempunyai ukuran yang jauh lebih kecil dari bintik putih yang dihasilkan oleh penyakit Ich (white spot). 

Bahkan karena bentuk halusnya ini tak kelihatan oleh mata telanjang,ketika nanti bintik putih ini dapat terlihat apabila sudah berkembang banyak atau bisa dengan menutupi sebagian dari kulit atau tubuh ikan koi. Pada saat ini ikan koi akan terlihat seperti terkena tepung atau seperti bedak,dan  dalam kondisi tertentu akan terlihat seperti adanya bercak mirip dengan karat pada tubuh ikan koi tersebut.

Gejala Ikan Koi Terkena Velvet atau Oodinium :

Ikan koi akan cenderung menggosok-gosokan tubuhnya ke benda-benda yang terlihat keras yang ada di akuarium seperti pasir dasar (gravel), kayu, filter internal,atau juga bisa dinding kolam

Ikan koi akan nampak terlihat lesu dan  juga sedikit lemas.

Nafsu makan ikan koi akan berkurang dari hari ke hari.

Setelah jangka yang cukup panjang,maka ikan koi akan Kehilangan berat tubuh.

Pernapasan pada ikan koi akan menjadi cepat, terlihat ketika ikan koi sedang berusaha keras untuk bernafas, pergerakan insang akan tergerak semakin cepat.

Bagian Sirip ikan koi akan menutup ke seluruh  tubuh.

Warna bintik putih dan juga kekuningan pada kulit (bagian tubuh) ikan koi akan terlihat seperti karat pada ikan.

Pada tahapan yang lebih lanjut bagian sisik ikan koi ini akan copot.

Kehadiran penyakit jenis ini pada awalnya sangat sulit untuk terdeteksi, pada tahapan awal yang perlu dicermati adalah kebiasaan ikan koi yang cenderung menggosok-gosokan tubuhnya ke benda-benda keras di sekitarnya. Biasanya penyakit ini lebih sering ditemui pada sirip dan juga terdapat pada insang ikan koi. 

Untuk pendeteksian lebih lanjut anda dapat melakukan dengan cara menyorotkan senter pada ikan koi, dengan kondisi ruangan harus gelap. Dan cermati apakah ada kumpulan bintik putih kekuningan (menyerupai debu, bedak, tepung) pada kulit, sirip dan insang ikan tersebut.

Velvet atau Oodinium akan menyerang segala jenis ikan hias air tawar, bahkan anak ikan koi yang baru berumur beberapa hari saja dapat terkena. Biasanya yang terserang penyakit ini selain ikan koi adalah ikan hias jenis anabantoids, danios, goldfish, dan killifish,arwana,louhan,dan cupang.

Pencegahan Agar Ikan Koi Tidak Terkena Velvet :

Anda harus rutin untuk menjaga agar kualitas dan juga kondisi air di dalam aquarium atau kolam dalam keadaan bagus..

Hindari juga agar tidak melakukan tindakan yang membuat ikan menjadi stres, seperti perubahan suhu secara mendadak, atau dengan mengganti air secara keseluruhan, dll.

Berikan juga makanan yang cukup dan diharapkan tidak berlebih,anda dapat memberikan makanan yang bernutrisi pada ikan koi.

Pengobatan Ikan Koi Yang Terkena Velvet :

Tingkatkan suhu atau juga bisa temperatur pada air kolam, minimal sekitar 82F atau bisa juga sekitar 28C.

Selalu menyalakan lampu akuarium untuk beberapa hari selama masa pengobatan masih berlanjut

Tambahkan juga sedikit  garam dan taburkan secara merata di akuarium, yang mana dengan cara demikian,secara tidak langsung dapat membantu pernapasan pada ikan koi.

Rawat dengan tambahan obat kimia lain seperti (cupric sulphate) yang mana obat tersebut sangat cocok untuk penyakit Velvet (Oodinium),dimana obat ini merupakan jenis obat ini akan menarget utama adalah sel-sel Oodinium yang berenang di dalam air.

Selama masa pengobatan,maka anda diwajibkan untuk menghentikan terlebih dahulu penggunaan carbon filter selama

Ikan koi ini merupakan jenis ikan hias yang tidak tahan oleh adanya obat kimia seperti cupric sulphate, maka dari itu pastikan anda  menggunakan nya sudah sesuai dengan aturan dosis yang benar, sebaiknya anda dapat menggunakan obat ini pada akuarium karantina,.

Namun,jika anda kesulitan untuk memberikan obat ini,maka ada baiknya untuk terlebih dahulu memindahkan ikan  koi ini kedalam wadah karantina dan untuk perawatan yang ada di dalam akuarium,anda dapat melakukan dengan cara mengurangi dosis dan menambah jadwal pemberian obat dengan selalu memantau kondisi ikan koi tersebut supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Lakukan juga perawatan terhadap ikan koi yang sudah terjangkit sedini mungkin, karena penyakit akibat velvet ini sangat cepat sekali menular dan biasanya juga akan sangat lambat terdeteksi.

Pengobatan Ikan Koi Yang Terkena Velvet Tahap 2 :

  • Siapkan tangki yang berukuran setidaknya 100 liter air dan siapkan juga sponge filter dan pastikan juga aerasi di dalam aquarium cukup.
  • Mandikan ikan koi yang terjangkit Velvet dengan larutan PK dengan takaran harus cukup gelap selama sekitar 1 menit,dan cobalah untuk memegang ikan koi ini dengan tangan lalu kemudian usapkan secara perlahan dan tidak ditekan dengan larutan PK tersebut,lalu usap tubuh ikan koi ini menggunakan kapas halus, dan pastikan usapan ini menyeluruh ke sekujur tubuh ikan dari arah kepala ke ekornya, berulang kali dan jangan bolak-balik! sebab akan nantinya akan menyebabkan sisik dan tubuh ikan koi ini terkelupas
  • Masukan ikan yang telah dimandikan larutan PK tersebut kedalam tank berisi air bersih, lalu campurkan 2 cc Formalin 37% kedalamnya, biarkan hingga 2 hari. Bila airnya menjadi keruh dan banyak lendir dapat siphon hingga separuhnya, masukan air bersih lagi dan tambahkan 1 cc formalin lagi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *