Ciri-Ciri Penyakit White Spot Pada Ikan Koi Dan Cara Mengobatinya

Ciri-Ciri Penyakit White Spot Pada Ikan Koi Dan Cara Mengobatinya

Penyakit bintik putih atau biasa disebut dengan white spot,atau juga biasa dikenal juga dengan nama Ich, adalah sejenis parasit yang harus dihadapi oleh para penggemar ikan air tawar termasuk juga jenis ikan koi,baik cepat atau lambat. Penyakit bintik putih adalah penyebab kematian ikan koi dengan rating tertinggi jika dibandingkan dengan penyakit lain. 

Penyakit white spot ini biasanya terjadi pada ikan koi yang ditaruh di akuarium yang mana terlalu sering berkontak dengan ikan yang lain,dan juga dapat terjadi karena ikan merasa stres,hal inilah yang menyebabkan ikan koi ini terkena white sp tinggal di dalam akuarium, bukan alam bebas. Ich dapat ditemukan pada ikan tropis air tawar atau pun ikan yang hidup di air asin, dan cara mengobatinya pun bermacam-macam, tergantung pada ekosistem dan makhluk lain yang tinggal di dalam akuarium.

Cara mengatasi penyakit White Spot pada ikan koi

1. Pahami dahulu tentang penyakit white spot yang terjadi pada ikan koi. 

Penyakit Ich atau bisa juga disebut white spot merupakan jenis penyakit yang dapat mempengaruhi ikan koi atau juga bisa ikan hias lainnya dengan cara yang sama, tetapi ada hal yang dapat dibedakan yakni lama siklus hidup dan juga cara pengobatannya lah yang sedikit berbeda.  Ciri-Ciri Penyakit White Spot Pada Ikan Koi Dan Cara Mengobatinya

Pada kedua jenis ikan koi dan jenis ikan hias lain, parasit protozoa akan menempel pada tubuh ikan koi,agar dapat menumpang di dalam siklus hidup ikan. Di dalam air yang mengalir seperti di sungai,penyakit Ich lebih tidak berbahaya karena inang lebih sulit untuk ditemukan. 

Ketika parasit menemukan inang, maka parasit ini akan terlepas dari ikan koi, dan ikan koi mampu pergi menjauh dan dapat menyembuhkan lukanya sendiri. Namun,akan tetapi, di dalam akuarium yang tertutup, parasit Ich penyebab white spot ini dapat menempel pada ikan koi dengan sangat mudah, sehingga dapat menggandakan diri dan mengerumuni inang ikan koi, yang mana bila hal ini di diamkan lama-kelamaan akan membunuh semua ikan yang ada di dalam akuarium.

  • Di air kolam, Ich lebih  dikenal sebagai parasit ichthyophthiriasis
  • Di air laut, Ich dikenal sebagai cryptocaryon irritans, dan sering kali tidak dapat dibedakan dengan jenis parasit lain yang mana juga dapat menyebabkan bintik putih. Ich air laut ini akan memerlukan waktu lebih lama untuk menggandakan diri, tetapi parasit tersebut hanya memiliki waktu selama kurang lebih 12 hingga 18 jam untuk menemukan inang sebelum mati, sedangkan Ich air tawar dapat bertahan hingga 48 jam tanpa inang.

2. Pahami bahwa stres adalah faktor yang cukup mendorong penyakit Ich. Karena penyakit Ich ini adalah jenis penyakit yang cukup umum, maka kebanyakan ikan koi ini akan cenderung mulai kebal terhadap penyakit tersebut. Namun,akan tetapi, rasa stres pada ikan koi inilah yang dapat mengurangi sistem kekebalan tubuh pada ikan koi, dan pada saat itulah Ich dapat menyebar dengan begitu cepat. Perasaan stres pada ikan koi ini dapat disebabkan oleh:

  • Suhu air yang tidak sesuai atau juga kualitas air yang begitu buruk.
  • Makhluk lain yang hidup di dalam akuarium.
  • Bersemayam nya makhluk baru yang dimasukkan ke dalam akuarium.
  • Pola makan ikan koi yang tidak baik.
  • Pengiriman atau penanganan ikan koi ketika akan dipindahkan.
  • Lingkungan rumah Anda, khususnya jika rumah cenderung berisik, atau terdapat efek bantingan atau guncangan pada pintu, atau bisa juga karena banyaknya aktivitas di sekitar akuarium.

Gejala Ikan Koi Terkena White Spot/ich

Pelajari cara mengenali gejala Ich. 

Gejala penyakit white spot ini dapat dilihat pada tubuh ikan koi,dan juga dengan memantau perilaku ikan koi secara seksama. Hal ini yang dapat menandakan penyakit white spot dengan paling jelas yakni ditandai oleh munculnya bintik putih kecil yang mana dapat terlihat sangat jelas seperti butiran garam,dan hal tersebut merupakan alasan jelas mengapa penyakit white spot ini disebut sebagai penyakit bintik putih.

Bintik putih yang ada pada tubuh dan insang ikan koi inilah yang disebut dengan white spot. 

Adanya bintik-bintik putih ini memmungkinkan dapat berkelompok untuk membentuk satu gumpalan putih. Namun,terkadang White spot ini akan hanya ditemukan pada insang ikan koi dengan ciri-ciri:

  • Ikan koi akan cenderung bergerak dengan cepat dan berlebihan. Ikan koi ini mungkin akan menggosokkan tubuhnya pada tanaman atau juga bisa ke bebatuan yang ada di dalam akuarium secara berlebihan untuk melepaskan parasit dari tubuhnya, atau bisa juga karena penyakit white spot ini dapat menyebabkan iritasi  lain pada ikan koi.
  • Sirip ikan koi ini akan menyusut. Hal lain yang dapat dimaksudkan adalah ikan koi ini sering menyusutkan siripnya,bukan membiarkannya terbuka lebar dan bebas berada di sisinya.
  • Ketika penyakit white spot sudah dalam tahap yang parah,maka ikan koi akan kesulitan dalam bernapas,yang ditandai dengan ikan koi sering megap-megap pada permukaan air atau juga bisa dengan menambang di dekat filter akuarium, ini diakibatkan karena ikan koi kekurangan oksigen. Penyakit white spot  yang menempel pada insang ikan koi akan menyulitkan untuk menyerap oksigen secara maksimal ketika di air.
  • Kehilangan nafsu makan pada ikan koi juga dapat menjadi sebuah ciri bahwa ikan koi terkena white spot,jika ikan koi ini tidak mau makan atau hanya memuntahkan makanannya, maka hal tersebut mungkin pertanda bahwa ikan koi sedang stres dan sakit.
  • Ikan koi akan dominan menyendiri,atau biasanya bersembunyi ketika Ikan merasa sakit, dan perubahan perilaku ini dapat ditandai dengan kebiasaan ikan koi yang tidak semestinya,dan inilah merupakan tanda-tanda ikan koi akan merasa stres atau bisa juga sakits Ikan mungkin akan bersembunyi di balik hiasan akuarium atau tidak beraktivitas dengan semangat seperti biasa.

Obati penyakit white spot Ich pada saat parasit paling rentan. 

White spot ini hanya dapat dibasmi ketika sedang tidak menempel pada ikan koi, yaitu ketika parasit yang sudah dewasa akan melepaskan diri dari kulit ikan koi untuk nantinya dapat menggandakan diri, sehingga nantinya akan terbentuk lebih banyak parasit yang akan menyerang ikan koi. 

Pada saat parasit menempel pada ikan koi, maka parasit dapat terlindung dari zat kimia, dan juga pengobatan yang anda lakukan akan tidak efektif. Berikut beberapa tahap siklus hidup white spot atau ich.

  • Metode trophont: Pada tahap ini, parasit penyebab white spot akan terlihat pada tubuh ikan. Parasit akan bersembunyi di bawah lendir ikan dan membentuk kista yang dapat melindunginya dari zat kimia, sehingga pengobatan tidak akan efektif. Pada akuarium yang bersuhu 24 hingga 27 ºC, tahap trophont atau tahap makan untuk parasit akan bertahan selama beberapa hari, kemudian kista akan matang dan terlepas dari tubuh ikan.
  • Tahap tomont atau tomite: Pada tahap ini, Ich masih dapat diobati. Parasit atau tomont akan mengambang selama beberapa jam di dalam air hingga menempel pada tanaman atau permukaan lainnya. Setelah tomont menempel pada sesuatu, proses pembelahan atau penggandaan akan dimulai dan berjalan dengan cepat di dalam kista.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *