Ciri-Ciri Penyakit Luka Borok Pada Ikan Koi Dan Cara Mengobatinya

Ciri-Ciri Penyakit Luka Borok Pada Ikan Koi Dan Cara Mengobatinya.

Ikan koi pada umumnya merupakan jenis ikan hias yang banyak dibudidayakan oleh berbagai kalangan,namun tak jarang banyak orang yang mengetahui jenis-jenis penyakit yang terjadi pada ikan koi. Kali ini saya akan sedikit mengulas tentang penyakit yang sering terjadi pada ikan koi,untuk itu simak terus ulasan kami dibawah ini.

Ciri-Ciri Penyakit Luka Borok Pada Ikan Koi Dan Cara Mengobatinya

Luka Borok (Ulcer)

Penyakit jenis ini memang sangat umum terjadi pada ikan koi,dengan adanya luka borok yang menempel pada tubuh ikan koi,dan dalam jangka panjang akan terus berkembang bahkan,kalau tidak mendapat respon secara cepat maka bisa menimbulkan lubang pada tubuh ikan koi. 

Penyebab terjadinya Penyakit ini sering dipicu karena adanya lingkungan yang kurang bersih dan cenderung  buruk,dan akhirnya mengakibatkan tumbuhnya bakteri secara besar-besaran dan tumbuh subur. Tercatat beberapa sumber utama bakteri penyebab ulcer antara lain adalah jenis Aeromonas, Pseudomonas dan Myobacter, bakteri tersebut biasanya  diikuti oleh terjadinya infeksi sekunder akibat adanya serangan jamur.  

Penyakit luka borok  ini juga dapat disebabkan oleh perilaku ikan koi itu sendiri yang diakibatkan karena stress, misalkan saja berusaha untuk melompat, atau juga dapat menabrak ornamen yang ada pada kolam/akuarium sehingga menyebabkan luka kecil. Ciri-Ciri Penyakit Luka Borok Pada Ikan Koi Dan Cara Mengobatinya

Luka borok ini bila tidak ditangani secara khusus akan mengeluarkan nanah ( lendir berwarna putih susu kekuningan ) atau sekujur tubuh berlendir yang disebabkan oleh infeksi yang terjadi secara sistemik yang mana biasanya hal ini juga akan dibarengi dengan berbagai dampak penyakit lainnya.


Ciri-Ciri Penyakit Luka Borok Pada Ikan Koi Dan Cara Mengobatinya

Luka borok ini dapat  muncul secara tiba-tiba atau dalam beberapa hari sebelumnya,yang mana diawali terlebih dahulu dengan serangan infeksi yang terjadi dari dalam tubuh ikan koi dan bisa juga dari terjadi akibat bakteri yang ada di luar tubuh ikan koi misalnya saja akibat penanganan ikan koi secara kasar.

Gejala Awal Terjadinya Luka Borok (ulcer)

  • Terdapat beberapa tahapan pertama ketika ulcer mulai tampak,yang sering ditemui dengan munculnya beberapa sisik yang mengeluarkan darah,lalu  kemudian berubah menjadi borok/luka,
  • Tahap secara menyeluruh adalah luka yang  semakin membesar dan menimbulkan bercak, sehingga dari kejauhan akan nampak seperti luka dengan bagian sekeliling tepi berdarah dan di tengahnya terlihat seperti benjolan nanah.
  • Tubuh ikan koi semakin hari akan semakin kurus,hal ini terjadi karena jenis bakteri ini sifatnya menyerap nutrisi yang ada di dalam tubuh  ikan.
  • Dalam beberapa kasus yang terjadi dan banyak dialami oleh pembudidaya ikan koi adalah timbulnya  pop eye yaitu jenis infeksi yang disebabkan oleh micro bacterial atau tuberculosis yang mana efek dari pop eye ini terjadinya peradangan (granuloma) di dalam rongga mata pada ikan koi.

Langkah Pencegahan

  • Selalu menjaga kebersihan di dalam kolam atau aquarium
  • Hindari pemakaian cairan probiotik secara berlebihan.
  • Selalu pantau ketika akan memasukan ikan baru,dan selalu lakukan proses karantina terlebih dahulu.
  • Gunakan juga lampu UV untuk mengontrol pertumbuhan bakteri pada ikan koi
  • Rutin untuk membersihkan kolam atau aquarium dengan Kalium permanganat (PK)

Cara mengobati Ikan Koi Yang Terkena Luka Borok

  • Untuk hal pertama lakukan perbaikan pada parameter di dalam air kolam dan juga patikan  ikan yang terjangkit penyakit borok (ulcer) dapat dipindahkan ke bak karantina yang sudah dicampur dengan kalium permanganat(PK).
  • Untuk penyakit ulcer level ringan atau masih tahap awal,maka dengan tanggao untuk melakukan perendaman ke dalam larutan garam dengan takaran 5 gram/Lmaka dengan itu dapat  menyembuhkan ulcer dalam level ringan
  • Untuk ulcer yang sudah terlanjur parah,maka langkah anda yang pertama adalah memberikan pengobatan oral sekitar  2 gr lalu tambahkan juga Oxytetracycline yang dicampur kedalam 1 kg pakan. Jika ikan sudah tidak mau makan,maka selanjutnya adalah memasukan cairan antibiotik yang dapat diberikan dengan cara perendaman Oxytetracicline dengan takaran sekitar 20 gr untuk setiap 1000 liter air, atau juga bisa dengan antibiotic lainnya sesuai takaran yang dianjurkan sampai ikan koi benar benarsembuh

Anda juga bisa menggunakan cara lain untuk mengobati luka borok ini dengan cara:

MENGGUNAKAN TERRAMYCIN

Terramycin, atau dengan nama ilmiah umum untuk laboratorium dsiebut dengan Oxytetracycline Hydrochloride adalah sejenis antibiotik spektrum luas yang dapat bekerja secara cepat melawan Gram Positive dan Gram Negative Bacteria.

Obat jenis ini dapat bekerja secara optimal dengan cara mempengaruhi sintesis protein pada bakteri dan dengan demikian maka treatment ini dapat anda gunakan sebagai acuan anda terhadap infeksi bakteri luka borok (ulcer)

Terramycin ini dapat bekerja dengan baik bila dicampur dengan bahan makanan pada ikan koi, atau juga bisa digunakan sebagai perawatan dengan cara merendamkan ikan kedalam larutan terramycin.

Hal ini dapat bertujuan agar tidak terjadi kecenderungan akan obat antibiotik itu sendiri,maka untuk hal yang utama secara maksimal akan bekerja dengan cara mengikat kalsium dan juga magnesium yang ada di dalam air, perawatan semacam itu tidak sesuai untuk mengobati ikan koi yang berada di air yang mengandung kapur atau air asin. 

Penggunaan Terramycin yang ditujukan untuk pengobatan ikan koi ini haruslah sesui dosis yang tertera secara umum. Untuk penggunaan terramycin di air tawar adalah sekitar  60g untuk setiap 1000L. perawatan ini akan bekerja secara optimal apabila anda menambahkan setidaknya 3kg garam NaCl untuk setiap 1000L dan campur dengan air kolam

Hari 1 (preparasi dan treatment )

  1. Tahap awal yang harus anda lakukan adalah mengganti air sekitar  50% di kolam atau aquarium tempat ikan yang sedang sakit borok, lalu kemudian bersihkan secara mendasar dari kolam tersebut
  2. tahap kedua ialah mengeluarkan filter pada media karbon aktif dan matikan UV Clarifier anda (bila ada)
  3. Lalu jangan lupa juga untuk mencuci media filter anda dengan air sabun
  4. kalkulasikan volume kolam anda antara ( Panjang(m) x Lebar (m) x Tinggi (m) x 1000)

Treatment

  1. Tambahkan setidakanya 3kg garam NaCl/ kristal % 50g Terramycin untuk setiap 1000 L air dari kolam anda agar bakteri penyebab luka borok pada ikan koi mati secara merata dan pastikan kondisi air benar-benar steril

Hari 5

  1. Pada hari ke 5 anda bisa mengecek kondisi ikan di dalam kolam atau aquarium,apakah metode penyembuhan pada ikan koi ini berjalan mulus atau tidak.
  2. Apabila anda menemukan ikan koi masih dalam keadaan sakit,maka lanjutkan untuk ke hari 6a
  3. apabila ikan koi menunjukkan kesembuhan,maka hal yang anda lkaukan berikutnya adalah melanjutkan ke hari 6b

Hari 6b

  1. Untuk hari ke 6B ini,anda hanya perlu melakukan pergantian air sekitar  50% dan jangan lupa untuk menambahkan setidaknya 1.5kg garam kristal untuk setiap 1000 L air

Hari 6c

  1. Untuk hari ke 6B,lalukan pergantian air dengan takaran 75% dari air kolam
  2. Anda dapat menambahkan beberapa media pednukung lainnya seperti filter karbon aktif yang berfungsi untuk menyerap sisa2 pada obat,dan jangan lupa untuk menhidupkan kembali UV clarifier anda (bila ada)
  3. Dengan tahap ini maka dapat dipastikan Treatment ikan koi telah selesai!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *