Tips Mengobati Penyakit Ikan Koi Hexamita

Hexamita merupakan parasit yang sering menyerang Ikan Koi dalam famili Cichlidae. Penyakit ini dapat dianggap sebagai penyakit “bawaan” karena protozoa heksamin selalu ditemukan dalam sistem pencernaan cichlid. Hexamita dikenal mudah berpindah dari satu cichlid ke cichlid lainnya.

Tanda-tanda penyakit Hexamita

Ikan Koi mengeluarkan cairan berwarna putih (kotoran berkapur), terkadang diikuti dengan pelebaran pori sensor di kepala dan gurat sisi. (Pelebaran pori-pori ini seringkali menimbulkan kesan berlubang sehingga sering disebut dengan penyakit Hole In The Head). Lubang tersebut biasanya terisi dengan lendir putih. Warna ikan koi akan cenderung menggelap dan kehilangan nafsu makan. Biasanya diikuti gejala perut kembung, tapi sering juga gejala badan kurus.

Sebab Penyakit Hexamita

Hexamita disebabkan oleh protozoa flagellated (falgellata) dari genus Hexamita. Dalam keadaan normal, parasit ini sering ditemukan dalam jumlah kecil di sistem pencernaan cichlid, dalam situasi tersebut Hexamita tidak membahayakan ikan koi yang terkena.

Namun jika kondisi ikan koi menjadi lemah, misalnya karena stres, parasit akan berkembang biak dengan cepat dan masuk ke sistem ikan. 

Ketika mereka memasuki pori-pori sensor di kepala, sebuah lubang berisi lendir putih terbentuk di area tersebut. Kematian bisa terjadi jika infeksi hexamita ini menyerang organ vital ikan koi dan menyebabkan kerusakan fatal pada organ tersebut.

Infeksi Hexamita dapat diperparah dengan adanya infeksi lain, seperti yang disebabkan oleh Aeromonas dan bakteri lain.

hexamita koi 1

Pencegahan dan pengobatan Penyakit Hexamita

Metronidazole dan di-metronidazole diketahui efektif dalam pengobatan penyakit ini, meskipun resistensi parasit terhadap obat ini juga telah dilaporkan. Dianjurkan untuk merawat ikan koi secara individu yang menunjukkan tanda-tanda infeksi. 

Hal ini dilakukan untuk menghindari resistensi terhadap parasit tersebut. Pencegahan infeksi hexamita dapat dilakukan dengan menghindari berbagai bentuk stres yang mungkin dialami ikan. Hexamita adalah protozoa cambuk getar (flagel) dengan ukuran 7-15 mikron.

Pengobatan

Obat utama yang digunakan untuk mengobati heksamitiasis adalah metronidazol (sering disebut dengan nama dagang Flagyl). Pendekatan yang paling efektif adalah menggunakan makanan ikan koi yang mengandung obat, terutama ketika infeksi dini sedang ditangani. 

Tetapi ikan koi yang terkena dampak serius mungkin tidak makan, dalam hal ini Anda perlu menambahkan obat ke dalam air, biasanya dengan dosis 250 mg per 10 galon AS, sekali sehari selama setidaknya tiga hari. Metronidazole tersedia untuk aquarists di Amerika Serikat, tetapi di tempat lain resep dokter hewan mungkin diperlukan. Di samping pengobatan, perbaikan pola makan dan lingkungan sangat penting.

Lingkungan Hidup

Salah satu alasan heksamitiasis banyak dipelajari oleh ahli biologi ikan koi adalah prevalensinya di tambak ikan koi di mana ikan koi yang sedang tumbuh sering dipelihara dengan kepadatan tebar yang sangat tinggi.

Dari sudut pandang aquarist, kelebihan stok, filtrasi yang tidak memadai, kurangnya perubahan air dan oksigen yang tidak mencukupi adalah faktor penting yang perlu dipertimbangkan saat mendiagnosis atau mengobati infeksi Hexamita pada ikan. Ini mungkin mengapa heksamitiasis sangat terkait dengan ikan cichlid besar seperti oscar dan severum: Inilah jenis ikan koi yang kemungkinan besar akan dipelihara di akuarium yang terlalu kecil untuk mereka dan di mana kualitas air kurang dari ideal.

hexamita koi

Konsentrasi nitrat adalah proksi yang berguna untuk kualitas air, sejauh menyangkut infeksi Hexamita. Direkomendasikan bahwa aquarists bertujuan untuk konsentrasi nitrat kurang dari 20 mg / l jika memungkinkan, dan konsentrasi nitrat tidak boleh melebihi 50 mg / l. 

Kunci untuk mempertahankan tingkat nitrat yang rendah adalah meminimalkan jumlah makanan yang masuk ke akuarium ikan koi dan memaksimalkan jumlah air kaya nitrat yang dibuang pada setiap penggantian air. Ikan hias yang besar seperti oscar tidak perlu makan setiap hari, dan mereka tentunya tidak boleh makan dengan lahap setiap kali makan. Perubahan air harus besar dan teratur. Disarankan lima puluh persen seminggu.

Diet

Salah satu hipotesis yang banyak dipegang adalah bahwa pola makan yang miskin vitamin melemahkan sistem kekebalan ikan, sehingga parasit Hexamita menjadi lebih bermasalah daripada yang seharusnya terjadi.

Ikan sejenis herbivora seperti surgeonfish, angelfish air asin, dan banyak ikan cichlid membutuhkan makanan hijau dalam jumlah besar. Selada keriting rebus, bayam yang dimasak, kacang polong kalengan, irisan zucchini, dan sushi nori adalah makanan hijau yang berguna untuk jenis ikan koi Karena makanan hijau rendah protein, pengaruhnya kecil terhadap kualitas air, jadi sebaiknya Anda selalu memasukkannya ke dalam akuarium ikan agar ikan herbivora merumput di waktu luangnya.

Mendapatkan vitamin ke dalam ikan karnivora yang tidak makan serpihan atau pelet yang seimbang bisa jadi sulit. Di alam liar, ikan pemangsa mendapatkan “sayuran” mereka dengan memakan isi perut mangsanya, sesuatu yang dapat dimanfaatkan oleh aquarist. 

Jangan gunakan makanan hidup yang tidak aman seperti ikan feeder yang murah, tetapi gunakan invertebrata herbivora seperti cacing tanah, kerang, siput, udang karang, udang sungai, ulat bambu, dan sebagainya.

Penyebab Penyakit Koi

Koi dan ikan mas adalah ikan yang sangat kuat dan tangguh. Dalam banyak kasus, stres adalah penyebab sebagian besar penyakit pada ikan. Menekankan? Ya, tetapi stres yang menyebabkan ikan sakit biasanya berupa kualitas air yang buruk, kepadatan penduduk atau faktor lingkungan lainnya. Jika koi atau ikan mas dipelihara dalam kondisi ideal, mereka jarang sakit karena mampu melawan kemungkinan serangan parasit atau bakteri.

Menekankan

Kualitas air yang buruk

Memperkenalkan ikan sakit ke kolam Anda

Hal ikan bertelur

Penuh sesak

Kontaminasi (pestisida, pupuk, dll.)

Tanda-tanda Penyakit Koi

Ada beberapa ‘tanda peringatan awal’ yang menunjukkan bahwa ikan Anda mungkin sedang diserang parasit atau bakteri. Tanda pertama masalah biasanya dimulai dengan seekor ikan yang memisahkan diri dari yang lain di sekolah, sering bergelantungan dengan lesu di dekat permukaan air. Jika ikan ini tidak makan, itu pertanda pasti ada sesuatu yang tidak beres. Mengenali tanda-tanda awal penyakit itu penting karena dapat dikendalikan dengan lebih mudah jika diketahui lebih awal. Bergantung pada situasinya, penyakit dapat menyebar ke banyak atau semua ikan di kolam relatif cepat. Itu selalu merupakan ide yang baik untuk menghitung ikan Anda pada waktu makan dan juga memperhatikan mereka saat mereka berada di dekat permukaan.

Tidak makan

Ikan memisahkan dirinya dari yang lain

Sirip dijepit dekat dengan tubuh

Ikan bertindak lesu atau lesu

Terengah-engah di permukaan kolam

Ikan Duduk di bawah

Bergantung di dekat permukaan atau di dekat air terjun

Garis-garis merah di sirip

Bisul (luka merah)

Bintik putih

Sirip compang-camping

Jumbai berbulu halus seperti kapas

Pengobatan Penyakit Koi

Jika salah satu ikan koi atau ikan mas Anda menunjukkan gejala-gejala yang disebutkan di atas, periksa tabel di bawah ini untuk menemukan obat yang dianjurkan dan mulai pengobatan sesegera mungkin. Tabel pertama membahas gejala dan pengobatan parasit, tabel kedua membahas infeksi bakteri dan jamur. Jika Anda hanya memiliki satu ikan yang sakit, Anda mungkin ingin memasang bak karantina atau tangki rumah sakit dan hanya merawat ikan itu. Sebaliknya, jika Anda memiliki beberapa ikan yang sakit, merawat seluruh kolam disarankan untuk hasil terbaik.

Add a Comment

Your email address will not be published.